Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Ada 175 SPKLU “Fast Charging” Di Tol Trans Sumatera-Jawa

Bisa dilihat lokasinya lewat Mudikpedia
Berita - Sabtu, 6 April 2024 08:00 WIB
Penulis : Erie W. Adji


OTODRIVER - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyebutkan telah dibangun 175 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tipe "fast charging" atau isi cepat sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa.

“Dalam dua minggu lalu dibangun 175 SPKLU baru yang “fast charging”,” ujar Deputi Koordinator Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin ,dalam Konferensi Pers Persiapan SPKLU Menjelang Mudik Lebaran 2024 di Gedung Kemenko Marves Jakarta pekan ini (5/4).

Rachmat mengatakan bahwa daftar SPKLU baru yang dapat digunakan oleh para pemudik dapat dilihat di laman resmi Mudikpedia (https://s.id/mudikpedia ). Dengan demikian, kata Rachmat, selain SPKLU tersebut sudah dipasang dan bisa beroperasi, masyarakat pun dapat menemukan SPKLU-nya dengan mudah.

BACA JUGA

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Direktur Ritel dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti, yang memaparkan rincian dari penambahan SPKLU.

Penambahan 175 SPKLU tersebut, kata dia, mengakibatkan jumlah SPKLU di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa mencapai 239 unit dan tersebar di 104 lokasi, dari yang sebelumnya hanya berjumlah 64 unit SPKLU.

“Itu sudah kami pasang, ya, jadi dari Trans Jawa-Bali, dan Trans Sumatera, itu sudah kami pasang SPKLU dan totalnya 239,” yakin Edi.

Secara keseluruhan, Edi mengatakan bahwa jumlah SPKLU di Indonesia sudah mencapai 1.299 unit dan tersebar di 879 titik lokasi.

Adapun rincian lokasi sebaran SPKLU tersebut, yakni 152 unit di Sumatera, 899 unit di Jawa, 55 unit di Kalimantan, 87 unit di Bali, 64 unit di Sulawesi, 8 unit di Maluku, 27 unit di Nusa Tenggara, dan 7 unit di Papua.

“Nah tentunya, ini di luar (SPKLU) yang PLN juga, sudah ada teman-teman yang menyediakan SPKLU. Di luar yang 1.299 unit ini,” ujar Edi.

Ada 4 ribuan mobil listrik ikut mudik 2024

Sementara itu Kementerian Perhubungan memproyeksikan sebanyak  empat ribu mobil penumpang berbasis listrik akan digunakan pada masa mudik Lebaran 2024. Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Yusuf Nugroho, di Jakarta (4/4) mengatakan angka tersebut merupakan proyeksi 18 persen dari total mobil listrik di Tanah Air yang berjumlah sekitar 23.238 unit.

Selain itu menurutnya, mobil listrik yang digunakan untuk mudik tersebut tak hanya diperuntukkan untuk perjalanan luar kota saja, melainkan juga guna mobilitas dalam kota.

Lebih lanjut ia mengatakan pemerintah sudah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang disiapkan di sejumlah lokasi untuk mendukung mobilitas para pengguna kendaraan listrik pada masa mudik kali ini.

Yusuf menyampaikan pihaknya juga sudah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) terkait tata cara pengangkutan kendaraan listrik (electrical vehicle/EV) secara umum pada saat melakukan penyeberangan dengan kapal laut.

Hal tersebut menurutnya guna mengurangi kekhawatiran masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik untuk mudik.

"Prinsipnya kendaraan bermotor listrik produk yang aman untuk digunakan karena sudah dilakukan pengujian dan pengetesan standar keamanan secara global maupun regulasi di Indonesia. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terhadap penggunaan EV, karena sudah prove, diuji, dan aman untuk digunakan," katanya lebih lanjut. (EW)


Tags Terkait :
Mudik Lebaran2024 Arusmudik Arusbalik Tol Transjawa Transsumatera Pln Spklu Fastcharging Ev Mobillistrik
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Arus Lalu Lintas Di Tol Ke Timur Jabodetabek Aman, Ke Arah Barat ‘Macet’

2 bulan yang lalu


Berita
Jasa Marga: Arus Balik 1,3 Juta Kendaraan Masuk Jabodetabek

2 bulan yang lalu


Berita
Sudah Hampir Sejuta Kendaraan Keluar Jabodetabek Lewat Tol

2 bulan yang lalu


Tips
Aman-Nyaman Di Perjalanan Mudik 2024: Anggap Kemacetan Bagian Dari ‘Wisata Lebaran’

2 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Bukan Bule, Justru Orang Asia Pengguna Mobil Mewah Tahan Peluru Pertama Di Dunia

32 menit yang lalu


Berita
BMW Seri-6 Bakal Terlahir Kembali, Tapi XM Tak Punya Penerus

1 jam yang lalu


Berita
Bukan Carnival Apalagi EV9, Inilah Mobil KIA Terlaris Saat Ini

5 jam yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Ada Apa Saja Di Sana, Panduan Lengkap, Peserta, Tiket Dan Shuttle

7 jam yang lalu


Berita
BYD Kembali Lewati Tesla Sebagai Penjual Mobil Listrik Terlaris di Dunia, Ini Buktinya

9 jam yang lalu