Mobil Perdana Xiaomi Mogok Padahal Baru Digunakan 39 KM, Apa Masalahnya?

 Ahmad Biondi    09 May, 2024
Berita

OTODRIVER - Mobil listrik pertama Xiaomi yang diberi nama SU7 cukup fenomenal. Pasalnya ia laris dipesan ribuan unit hanya dalam waktu tidak sampai satu hari.

Namun begitu, kali ini datang berita buruk. Di mana sedan berperforma tinggi tersebut mogok setelah menempuh jarak 39 kilometer dan tidak dapat diperbaiki, sehingga pihak bengkel harus mengembalikannya ke pabrik untuk dianalisis.

Hingga saat ini masih banyak detail yang belum jelas. Namun yang pasti, Tuan Wen pemilik mobil mogok tersebut, adalah pembeli awal Xiaomi SU7 yang telah menunggu mobil tersebut selama lebih dari sebulan, seperti beritakan Carnewschina.

Adapun kasus perdana ini terdeteksi pada tanggal 6 Mei. Pemilik mengunggah video di platform media sosial yang mengatakan bahwa Xiaomi SU7 miliknya mogok saat melaju dengan kecepatan tinggi sesaat setelah meninggalkan toko dan telah menempuh jarak 39 kilometer.

Wen mengatakan bahwa mobil tersebut harus diderek kembali ke pusat pengiriman. Kerusakan tersebut diyakini terjadi pada tanggal 5 Mei.

Video tersebut menunjukkan mobil yang diparkir di bahu jalan dengan lampu peringatan bahaya yang berkedip-kedip. Di dalam unit infotainment menampilkan “Mobil akan berhenti, harap menepi dengan aman dan hubungi pusat layanan online”.

Kemudian pesan tersebut berubah menjadi “sistem penggerak rusak dan tidak dapat digeser”. Hal ini menunjukkan adanya kesalahan yang berarti mobil tidak dapat dialihkan antara mode maju dan mundur.

Pusat Pengiriman Xiang'an mengonfirmasi pada Selasa (7/5) bahwa mereka telah menerima keluhan dari Tuan Wen dan mereka tidak dapat menemukan masalahnya. 

Menurut berita lebih lanjut, mobil tersebut tidak dapat diperbaiki dan perlu dikirim ke pabrik untuk dianalisis guna mengetahui penyebab insiden tersebut sebelum dapat diperbaiki.

Ini bukan insiden pertama yang melibatkan Xiaomi SU7 yang menunjukkan masalah kualitas pada mobil. Salah satu yang lebih mengganggu adalah bahwa fungsi Autonomous Emergency Braking (AEB) alias pengereman otomatis tidak dapat beroperasi hingga 135 km/jam yang diklaim oleh Xiaomi.

Ada juga laporan yang berkaitan dengan ketidakkonsistenan dalam ketebalan cat serta keausan yang berlebihan pada jok di kendaraan uji. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaLaku Keras, Xiaomi Gandakan Produksi Mobil Listrik Mereka Menjadi 20.000 Unit Perbulan3 hari laluTest DriveXiaomi Produksi Setiap SU7 Hanya Dalam 76 Detik07 May 2024Mobil ListrikXiaomi Untung Besar, Mobil Pertamanya SU7 Laris Manis Terpesan 70.000 Unit26 April 2024BeritaSUV iCar V23, Retroclassic Yang Akan Hadir Tahun ini09 April 2024

Trending

Honda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia
Citroën Ë-C3 Kini Bebas Bea Impor Dan PPnBM Ditanggung Pemerintah
Hyundai Siapkan Ioniq 3 Sebagai Pesaing Langsung EV Murah Dari China
Subaru Jual Murah Mobil-Mobil Ex-Display, Ini Bocorannya
Mengenal BAIC X-55 II, Lawan Terberat Almaz dan Omoda 5

Berita Terbaru

BeritaDari Sekian Banyak Model Baru, Ternyata Inilah Mobil Favorit Gen Z3 jam laluBeritaGWM Percaya Diri Jadi Mobil Cina Pertama Yang Incar Pasar Premium5 jam laluBeritaSelain Ora O3 CKD, GWM Siapkan Kejutan Dua Model Ini Di GIIAS 20246 jam laluDaftar HargaDaftar Harga Compact SUV (Mei 2024)7 jam laluBeritaKia Carens Facelift Muncul Di India9 jam laluBeritaThe Elite Showcase 2024: Modifikasi Indonesia Makin Berstandar Internasional20 jam laluBeritaInilah Tiga Mobil Terlaris Honda Saat Ini, WR-V Naik Ke Urutan Ketiga22 jam laluBeritaKorea Selatan Impor Banyak Kendaraan Listrik, Inilah Tiga Model Terbanyak Nomor Satunya Tesla1 hari lalu