Honda Bangun Pabrik EV Senilai 1,7T Di Kanada

 Erie W. Adji    30 April, 2024
Berita

OTODRIVER - Honda Motor Co. pekan lalu (26/4) mengumumkan investasi baru senilai 15 miliar dolar Kanada, setara Rp1,7 triliun, berupa pembangunan pabrik baru khusus mobil listrik di Kanada. Pabrik yang lokasinya di komplek produksi mobil Honda yang ada di wilayah Toronto itu bukan hanya untuk menghasilkan mobil listrik namun juga sebagai pusat dari rantai pasok semua hal atas peredaran mobil tanpa emisi tersebut.

Bagi Honda ini merupakan unit produksi kedua mereka di area Amerika belahan Utara. Kapasitas terpasangnya ditargetkan akan mencapai 240 ribu unit per tahun pada 2028.

Orang nomor satu Honda, Toshihiro Mibe, mengutaraan bahwa pabrik baru tersebut merupakan langkah besar bagi Honda, khususnya untuk wilayah pemasaran di Kanada. Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita Kyodo.

Diakuinya juga bahwa pabrik yang persemianya dihadiri oleh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau itu juga menyertakan ekosistem atas pasokan baterai bagi mobil listrik. Khusus untuk baterai pihak Honda berkolaborasi dengan raksasa manufaktur asal Korea Selatan, Posco Futrure M Co. dan jagoan manufaktur Jepang lainnya, Asahi Kasei Corp..

Sementara itu, Perdana Menteri Trudeau menyebutkan bahwa investasi baru Honda ini merupakan penanaman modal terbesar untuk industri otomotif di Kanada.

Peneterasi Honda di wilayah Amerika bagian Utara merupakan langkah strategis mengingat ada besaran pangsa pasar pada area itu yang mencapai 40 persen dari total pasar mobil dunia.

Untuk Honda, investasi baru ini bukan hanya berkaitan dengan mobil listrik. Karena rencana pengembangan kendaraan berbahan bakar hidrogen juga termasuk dalam rencana jangka panjang investasi mereka.

Telah ditetapkan target penjualan mobil listrik dan hidrogen Honda untuk wilayah Amerika Serikat dan Kanada sebesar 40 persen dari total penjualan Honda di kawasan yang sama. Target tambahannya adalah 100 persen sampai tahun 2040.

Selain Kanada, Honda juga sedang merevitalisasi unit produksi yang ada di Ohio, Amerika Serikat, untuk bisa juga menghasilkan mobil listrik pada tahun 2025. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaPLN: Tambah 111 SPKLU Di Rest Area 1 hari laluBeritaHonda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia1 hari laluBeritaWuling Cloud EV Resmi Dibanderol Di Bawah Rp 400 jutaan2 hari laluBeritaMazda EZ-6 EV Bertenaga 225 Hp Meluncur Akhir Tahun Ini Di China2 hari lalu

Trending

Bolehkah Menambah Angin Ban Nitrogen Dengan Angin Biasa
Honda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia
Daftar Harga MERCEDES-BENZ Terbaru (Mei 2024)
Citroën Ë-C3 Kini Bebas Bea Impor Dan PPnBM Ditanggung Pemerintah
Daftar Harga BMW Terbaru (Mei 2024)

Berita Terbaru

BeritaKesuksesan Vinfast Di Negara Asalnya Akan Diimplementasikan Di Indonesia5 jam laluBeritaEurokars Group Untuk Pertama Kalinya Tawarkan Mobil Bekas, Mulai Porsche Hingga Bentley6 jam laluBeritaPrestige Motor Resmi Jadi Dealer BAIC. Akan Sediakan Lahan Khusus Untuk Test Drive Off-Road7 jam laluBeritaTunggu Beberapa Penyesuaian, Mitsubishi Triton Terbaru Segera Hadir Di Indonesia 9 jam laluBeritaDaftar Harga SUV Ladder Frame Terbaru (Mei 2024)10 jam laluBeritaMitsubishi Xpander Ultimate Sekarang Punya Opsi Transmisi Manual11 jam laluBeritaMyBMW, Ini Aplikasi Pintar Yang Menghubungkan Smartphone Konsumen Dengan Mobil BMW12 jam laluBeritaLaku Keras, Xiaomi Gandakan Produksi Mobil Listrik Mereka Menjadi 20.000 Unit Perbulan13 jam lalu