Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Air AC dan Hujan Bisa Digunakan untuk Aki Mobil?

Banyak yang belum tahu, bahwa sebetulnya air hujan dan air AC (Air Conditioner) bisa digunakan sebagai pengganti air aki.
Berita - Jumat, 20 Mei 2022 06:00 WIB
Penulis : Gemilang Isromi Nuar


Memiliki mobil wajib memperhatikan kondisi aki mobil. Peranti ini memiliki fungsi vital dalam berkendara. Untuk jenis aki konvensional, masih membutuhkan cairan untuk menghasilkan reaksi kimia untuk menghasilkan listrik. Salah satu perawatan aki adalah menjaga volume cairan yang ada selalu pada batas aman. Apabila cairan pada aki nampak turun di bawah ambang batas yang semestinya, segeralah tambahkan air aki ke dalamnya.

Berbincang mengenai air aki, ternyata ada alternatif cairan yang bisa digunakan apabila dalam kondisi kepepet. Air hujan dan air AC (Air Conditioner) ternyata bisa digunakan sebagai penggantinya.

"Air hujan dan AC bisa dijadikan sebagai alternatif air isi ulang aki pada motor dan mobil," ujar Gde Oka Yunihartawan Technical Division Head PT. Trimitra Baterai Prakasa (TBP), Kamis, (19/05)

BACA JUGA

Namun, tidak seluruh air hujan dan AC bisa dipakai untuk isi ulang air aki, harus dilihat dari cara pengolahannya di setiap wilayah berbeda-beda dari tingkat pencemarannya.

"Untuk air hujan sendiri lebih baik yang turun di pedesaan karena bebas dari partikel-partikel seperti uap pabrik, untuk air AC selang dan tempat penampungan nya tidak boleh berkarat. Jika salah pengolahannya akan ada metal-metal yang menyerang komponen aki, " jelas Oka. 

Meski keduanya bisa digunakan, bukan berarti seterusnya air hujan dan AC jadi prioritas utama pada aki jika keadaan mendesak saja. Bagaimanapun juga air aki yang diproduksi khusus oleh pabrik tetap menjadi prioritas untuk digunakan. Hal ini tak lain karena kendala yang ditemui pada air hujan ataupun air AC tidak dijumpai pada air aki.


Tags Terkait :
Aki Mobil
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Tips
Ketahui Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman Dan Benar

3 hari yang lalu


Berita
Dokter Mobil Kolaborasi Dengan Mitra Dari Malaysia, Gandeng Ojol Terapkan Strategi "Sharing Economy" Di Indonesia

1 bulan yang lalu


Tips
Ganti Aki Ternyata Ada Persyaratan Dan Strateginya

1 bulan yang lalu


Berita
Tesla Dan BYD Saling Kejar Jutaan Produksi

3 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Tak Hanya Kalista, Geely Radar RD6 Bakal Hadir Juga Di Thailand Dengan Label Riddara

9 jam yang lalu


Berita
GWM Tank 300 Semakin Dekat Dengan Indonesia

9 jam yang lalu


Berita
Konsumen Pajero Sport-Fortuner Mulai Bergeser Ke Kijang Innova Zenix

11 jam yang lalu


Berita
Kona EV Yang Meluncur di GIIAS Sudah Menggunakan Baterai Produksi Lokal

12 jam yang lalu


Test Drive
Test Drive Citroen E-C3: Acung Jempol Untuk Kenyamanannya

15 jam yang lalu