Jaga AC Mobil Tetap Awet Dinginnya, Begini Caranya

Jaga AC Mobil Tetap Awet Dinginnya, Begini Caranya

 

Mengemudikan mobil di terik panasnya matahari dipastikan sangat membutuhkan AC yang dingin untuk membantu pendinginan di dalam kabin. Bisa dibayangkan kalau AC mobil Anda tidak berfungsi di musim seperti sekarang ini.

Nah, bagaimana caranya menjaga AC mobil agar tetap prima dan dingin saat Anda mengendarai mobil? “Sebenarnya tidak sulit untuk membuat AC mobil tetap dingin di segala cuaca, yang pasti adalah perawatannya harus diperhatikan,” ujar Santo dari bengkel spesialis AC Denso Coolkars di kawasan Gading Serpong, Tangerang. 

Apabila mobil setiap hari dipakai, maka interval waktu servis rutin yang dianjurkan adalah setiap 6 bulan. “Bisa saja lebih cepat dari 6 bulan jika rute yang dilalui jalannya berdebu seperti melewati kawasan proyek atau pabrik, pasti lebih cepat kotor filter dan evaporatornya,” jelas Santo lagi.

 

Dengan mengikuti servis rutin AC ini, selain AC tetap dingin dipastikan seluruh piranti AC mobil mulai dari kompresor, evaporator, tabung dryer, dan lainnya akan lebih awet dan terjaga kondisinya. “Kerusakan juga lebih cepat terdeteksi sebelum parah,” bilangnya.

 

Selain servis rutin, ada hal yang bisa Anda kerjakan sendiri untuk menjaga AC tetap dingin. “Rajin bersihkan karpet mobil, karena berawal dari kotornya karpet bisa membuat AC cepat kotor sehingga menimbulkan masalah yaitu kurang dingin karena kotoran dari karpet itu,” tutur pria berkulit gelap ini. 

 

Sebenarnya tak hanya karpet, kabin yang bersih juga akan membuat AC terasa lebih cepat dingin dibandingkan dengan kabin yang kotor dan penuh barang yang tak berguna. “Selain itu usahakan jangan menjemur mobil di tempat terbuka yang langsung terpapar sinar matahari, kalau terpaksa buka sedikit kaca mobil sekitar ½ cm agar hawa panas tidak terkurung didalam kabin,” ulas Santo.

 

Nah, sudah tahu kan cara membuat AC mobil Anda tetap dingin? Jangan lupa servis rutin dan perhatikan kebersihan kabin mobil, ya!

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com