Tutup Pentil Ternyata Punya Fungsi Penting Ini

Bukan sekadar aksesoris, ternyata tutup pentil ban punya fungsi yang penting terhadap ban.
Penulis: Aditya Widiutomo
Sabtu, 29 Juni 2024 06:00 WIB
Tips - Tutup Pentil Ternyata Punya Fungsi Penting Ini
Bagikan ke:

OTODRIVER – Bukan sekadar aksesoris, ternyata tutup pentil ban punya fungsi yang penting terhadap ban. Meski ketika membuka tutup pentil angin ban tidak akan keluar dengan sendirinya.

Komponen ini memang sering diabaikan bagi pengguna mobil. Terkadang tutup pentil yang hilang dibiarkan sehingga mulut pentil terbuka dalam waktu yang lama.

Foto - Tutup Pentil Ternyata Punya Fungsi Penting Ini
tutup pentil 

Dan komponen kecil nan murah ini ternyata punya peranan penting untuk melindungi angin ban.

“Pertama, tutup pentil membantu mencegah kebocoran udara dengan menjaga agar udara di dalam ban tidak keluar melalui pentil. Komponen ini juga memberikan lapisan perlindungan tambahan untuk memastikan tekanan udara tetap stabil dalam jangka panjang,” ujar Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory Auto Sport di Kawasan Tangerang Selatan ketika dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu yang lalu.

Kemudian, tutup pentil mampu memproteksi pentil dari benda asing yang berada di jalanan.

“Selain itu, tutup pentil melindungi bagian dalam pentil dari debu, pasir, kerikil, dan benda asing lainnya. Benda tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mekanisme pentil dan berujung pada kebocoran ban,” tambahnya.

“Selain mencegah kebocoran udara, tutup pentil juga melindungi pentil dari kotoran dan debu. Kalau masuk dapat menyebabkan pentil tidak menutup dengan sempurna,” tambah Abeng.

Jadi sudah tahu kan fungsi dari tutup pentil ban? Yuk cek kelengkapan tutup pentil mobil Anda. (AW).

#tutup-pentil #ban

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.