Penyebab Rem Bergetar Dan Cara Begini Cara Memperbaikinya

Rem merupakan komponen yang sangat vital di mobil.
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 28 Oktober 2024 06:00 WIB
Tips - Penyebab Rem Bergetar Dan Cara Begini Cara Memperbaikinya
Bagikan ke:

OTODRIVER – Rem merupakan komponen yang sangat vital di mobil. Namun, tentu komponen ini butuh perawatan berkala agar kinerjanya optimal untuk memberhentikan laju mobil.

Namun, pada mobil modern cukup sering ditemukan masalah yang sering menghantui, yakni rasa bergetar ketika melakukan pengereman. Tentu masalah ini muncul dikarenakan bagian permukaan cakram yang tidak rata.

Lantas, apa yang menyebabkan komponen cakra mini tidak merata? Abdul selaku mekanik Start Tire menjelaskan bahwa salah satu penyebab tidak meratanya bagian disc brake ini disebabkan oleh penggunaan komponen cakram dan brake pad yang tidak sesuai dengan standar pabrikan.

“Biasanya disebabkan oleh cakram dan kampas rem yang bukan standar pabrik. Karena biasanya materialnya berbeda dengan standar pabrik,” ujarnya saat diwawancarai di bengkelnya, Minggu (27/10).

Namun Abdul juga tak menampik bahwa banyak mobil yang permukaan cakram remnya bergelombang tanpa adanya ubahan apapun.

“Tapi memang banyak mobil yang penyakit piringan remnya bergelombang seiring berjalannya waktu padahal semuanya bawaan pabrik. Biasanya mobil-mobil Jepang dan yang cukup banyak itu Mitsubishi Pajero Sport lama dan juga Toyota Fortuner lama. Kijang Innova juga banyak,” tambahnya.

Namun jangan khawatir, masalah seperti ini masih bisa direparasi tanpa perlu penggantian komponen.

“Diskbrake bisa dibubut kalau bergelombang, Dengan biaya Rp 475 ribu di bengkel kita. Dan biasanya piringan rem bisa dibubut hingga 2 sampai 3 kali,” tutupnya. (AW).

#bubut #discbrake

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.