Ingin Baterai EV Anda Awet? Perhatikan Pola Chargingnya

Mobil pada umumnya dibekali opsi pengisian AC dan DC
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Minggu, 4 Agustus 2024 10:20 WIB
Tips - Ingin Baterai EV Anda Awet? Perhatikan Pola Chargingnya
Bagikan ke:

OTODRIVER - Mobil listrik sudah menjadi bagian dari otomotif di dunia termasuk Indonesia. 

Untuk mengasup daya baterai pada EV, dilakukan dengan cara pengecasan. Umumnya mobil listrik dilengkapi dengan dua mode pilihan pengecasan yakni AC dan juga DC.

Bahasa umumnya pengecasan AC merupakan mode pengecasan normal yang dilakukan dalam waktu yang relatif panjang. Sedangkan untuk mode DC merupakan pola pengisian fast charging dengan waktu yang lebih singkat.

Pola pengecasan yang beda kecepatan pengisiannya ini dalam waktu yang lama akan mempengaruhi masa pakai baterai sebuah EV.

“Performa dan masa pakai baterai dapat menurun jika menggunakan pengisi daya DC secara terus menerus. Penggunaan pengisian daya DC harus diminimalkan untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai tegangan tinggi. Utamakan pengisian daya AC kecuali jika pengisian daya DC diperlukan, semisal untuk menambah daya saat di tengah perjalanan." ungkap Bonar Pakpahan, Product Expert Assistance Manager. PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) saat dihubungi beberapa waktu lalu.

“Untuk menjaga baterai tegangan tinggi dalam kondisi yang optimal, gunakan pengisian daya AC. Mengisi daya baterai hingga penuh saat daya baterai tinggal 20% atau lebih rendah akan membantu menjaga baterai tetap dalam kondisi yang optimal,” sambung penggemar nasi goreng ini. 

Senada dengan itu Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mengatakan bahwa pola pengisian daya juga harus diikuti dengan perubahan habit pemiliknya. 

“EV sebaiknya dicas dengan charging AC seperti yang digunakan di rumah. Pengguna bisa melakukan pengecasan saat waktu malam bertepatan dengan waktu istirahat sehingga keesokan harinya sudah kembali full untuk kembali digunakan,”  ungkap Danang.

“Pengisian daya DC menyediakan arus tingkat tinggi ke baterai, yang dapat menyebabkan sel menjadi lebih cepat panas. Jika sel menjadi terlalu panas, hal itu dapat merusaknya dan mengurangi kapasitasnya seiring waktu,” sambungnya.

“Pengecasan DC dilakukan seperlunya dan sifatnya untuk penambahan saja,” tutupnya.(SS)

#ev #bev #ac-charging #dc-charging

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.