Biasakan Tidak Menaruh Kunci Atau Uang Logam Di Wireless Charger Mobil

Fitur Wireless Charging kini semakin banyak ditemukan di mobil-mobil modern,
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 26 Agustus 2024 06:00 WIB
Tips - Biasakan Tidak Menaruh Kunci Atau Uang Logam Di Wireless Charger Mobil
Bagikan ke:

OTODRIVER – Fitur Wireless Charging kini semakin banyak ditemukan di mobil-mobil modern, Bahkan kini fitur satu ini menjadi wajib lantaran pengguna mobil juga memiliki ketergantungan dengan smartphone.

Wireless Charger sendiri biasanya ditempatkan di Lokasi yang mudah diakses oleh pengendara. Bahkan beberapa mobil memiliki Wireless Charger yang ditempatkan di konsol tengah dan kerap kali sedikit mengorbankan tempat penyimpanan di dalam kabin mobil.

Foto - Biasakan Tidak Menaruh Kunci Atau Uang Logam Di Wireless Charger Mobil
Wireless Charger milik Toyota Veloz

Dan tahukah Anda, bahwa Wireless Charger sejatinya tidak boleh diisi oleh benda yang memiliki unsur besi ataupun logam? Sumarmin selaku Head Mechanic Auto 2000 Cilandak mengungkapkan bahwa kedua unsur tersebut dapat merespon Wireless Charger itu sendiri.

"Dikhawatirkan logam yang ditaruh di atas wireless charger menjadi panas karena terus merespon benda logam di atasnya,” ungkapnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Fitur Wireless Charger ini semestinya bekerja dengan mendeteksi pelat logam yang ada di komponen baterai smartphone.

"Wireless Charger bekerja sebagai transmitter dan diterima receiver NFC (Near-Field Communication). "NFC smartphone berupa pelat logam yang direspon oleh wireless charger untuk meneruskan arus listrik ke baterai," tambahnya.

Jadi jika sering menaruh barang berupa kunci atau logam di bagian Wireless Charger maka tak menutup kemungkinan akan merusak komponen tersebut. Bahkan jika terjadi panas terus menerus, bisa saja hal ini berpotensi sebagai sumber kebakaran. (AW).

 

#tips #wireless-charger

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.