Wajib Tahu, Ini Alasan Mengapa Ban Mobil Punya Tekanan Ideal

Wajib Tahu, Ini Alasan Mengapa Ban Mobil Punya Tekanan Ideal

Ban mobil menjadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan, sebab berfungsi sebagai penopang muatan dan meredam getaran mobil ketika saat digunakan. 

Setiap pabrikan tentu memiliki standar ideal tekanan ban yang memang harus diterapkan. Terdapat beberapa alasan mengapa tekanan ban harus sesuai, salah satunya untuk memberikan kenyamanan pengemudi hingga penumpang. 

"Salah satu tugas ban adalah memikul muatan, nah berat muatan ini setiap kendaraan pasti berbeda meski ukuran bannya sama. Untuk itu harus disesuaikan dengan beban yang dipikul agr kendala saat dijalankan tetap nyaman," Katanya, Zulpata Zainal - OVT GTRadial, saat dihubungi OtoDriver.com.

Lebih lanjut ia mengatakan banyak manfaat yang akan terjadi ketika tekanan ban sesuai dengan rekomendasi yang diberikan. Misalnya stabilitas mobil yang lebih optimal baik melewati jalan kering atau basah.

"Dari sisi pengereman juga akan lebih optimal alhasil steering sesuai respon yang dihasilkan," tambahnya. 

Di sisi lain menurutnya ketika tekanan ban tidak sesuai yang direkomendasikan pabrikan mobil tentu tidak akan nyaman saat digunakan, membuat reaksi stir tidak sesuai. 

"Ketika reaksi stir tidak sesuai stabilitas juga tidak akan optimal bahkan daya pengereman juga sama," paparnya. 

 

Ia menjelaskan bahwa setiap pabrikan mobil atau ban sudah melakukan serangkaian uji yang tidak sebentar alisa dalam jangka waktu yang lama. Tujuannya tentu bukan lain agar tekanan ban, model kembangan, ukuran ban sesuai dengan yang diharapkan. 

"Nantinya hasilnya akan optimal sehingga pemakai kendaraan akan merasakan kenyamanan, keamanan," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com