Berpotensi Cuaca Ekstrem Saat Arus Mudik, Ini Tips Berkendara yang Tepat

Berpotensi Cuaca Ekstrem Saat Arus Mudik, Ini Tips Berkendara yang Tepat

Mudik lebaran tahun 2023 ini dibayangi kondisi cuaca yang kurang menguntungkan. BMKG sudah menginfomasikan sekitar 15 -19 Agustus 2023 akan ada ancaman siklon tropis 98S. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan cuaca ekstrem berpotensi terjadi di beberapa wilayah sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi di enam wilayah pada 15-21 April 2023. Wilayah tersebut yakni Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua,Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Barat," ujar Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Pusat, Djoko Setijowarno kepada OtoDriver, Rabu (19/4).

Hal ini juga bertepatan dengan puncak arus mudik di mana, menurut operator jalan tol Jasamarga Group di wilayah Jawa Tengah memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 ini akan terjadi pada tanggal 19 April 2023 (H-3).

Demi mempersiapkan hal tersebut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi memberikan 10 tips Selamat berkendara saat berpuasa, di antaranya:

* Istirahat yang cukup 

* Hindari makanan yang bisa menyebabkan kantuk

* Patuhi batas kecepatan kendaraan

* Jaga jarak aman dengan kendaraan lain

* Perbanyak istirahat jika kehilanagan konsentrasi

* Perhatikan tekanan angin pada ban kendaraan

* Sabar dan patuhi aturan lalu lintas

* Pahami rute perjalanan sebelum berkendara

* Cermat gunakan aplikasi navigasi untuk hindari jalur alternatif berbahaya

* Hindari membawa penumpang dan barang berlebihan

"Pemerintah sudah menyiapkan dengan segala kemampuannya, sedangkan sebagai pemudik juga harus benar-benar menyiapkan diri untuk mudik dengan persiapan yang matang. Jangan sampai fasilitas yang sudah disiapkan tidak dimanfaatkan dengan baik," papar Djoko.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com