Selain kembangan, Ini Tanda Ban Mobil Minta Jajan

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Selasa, 7 Februari 2023 06:00 WIB
Tips - Selain kembangan, Ini Tanda Ban Mobil Minta Jajan
Bagikan ke:
TWI sudah menyentuh telapak dan ban harus diganti.

Kembangan ban yang sudah menipis kerap menjadi acuan untuk segera diganti dengan yang baru agar tetap nyaman saat digunakan. Tak hanya itu saja, benjolan juga selalu menjadi tanda. 

Namun demikian menurut Andreas Sendie, Area Sales Manager & Training Specialist Goodyear Indonesia, ada hal lain yang menjadi acuan untuk segera mengganti ban. 

"Sebenarnya yang wajib diperhatikan itu Tread Wear Indicator (TWI), ketika sudah mencapai limit bisa segera diganti," katanya, baru-baru ini di Tangerang. 

Lantas apa itu TWI? Tread Wear Indicator merupakan sebuah indikator yang bisa menunjukkan tingkat keausan ban. Ketika sudah menipis sebaiknya segera diganti. 

Untuk menemukan TWI bukan perkara sulit, tanda TWI bisa ditemukan dari segitiga yang berada di dinding ban. Segitiga yang berada didinding ban dibuat untuk menunjukkan dimana posisi TWI berada pada telapak ban. 

"Kalau TWI sudah menyentuh telapak ban itu segera diganti," paparnya. 

Tentunya jika dibiarkan akan dapat menyebabkan masalah baru setiap pengendara. Sebab, ketika TWI sudah terlihat habis bisa menyebabkan ban slip. 

Jadi, pastikan mengecek bagian TWI ban agar dapat melihat kualitas ban masih layak digunakan atau tidak. 

 

#ban-mobil #twi #kondisi-ban #mobil #masalah-ban #ganti-ban #

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.