Pakai Ban Beda Kembangan, Apa Efeknya?

Pakai Ban Beda Kembangan, Apa Efeknya?

Setiap ban memiliki fungsi dan keunggulannya agar dapat membuat pengguna tetap nyaman saat berkendara. Misalnya dari sisi kembangan atau alur pada ban. 

Namun tak sedikit yang bertanya apakah boleh menggunakan ban untuk mobil dengan merek yang berbeda dan kembangan juga berbeda? Andreas Sendie, Area Sales Manager & Training Specialist Goodyear Indonesia, menjawab hal tersebut. 

"Contoh untuk ban bagian depan, boleh saja asal peleknya dan ukuran sama," katanya, baru-baru ini di Tangerang. 

Tetapi Andreas menilai akan ada efek samping yang akan terjadi ketika menggunakan kembangan berbeda untuk satu bagian ban, salah satunya handling. 

"Kalau untuk digunakan satu sisi misalnya bagian depan pasti karakter handlingnya akan lebih dapet, tapi pasti berbeda," tambahnya. 

Bukan tanpa alasan, ia mengatakan setiap ban memang memiliki fungsi dan perfoma yang dibuat berbeda. Bahkan tak sedikit yang dibuat untuk musim hujan dengan ulir yang lebih banyak. Tujuannya agar cengkraman ban dapat berfungsi dengan baik. 

"Kalau berbeda jalan seperti biasa itu normal saja, tapi bisa dirasakan saat melakukan pengereman pasti ada yang berbeda," paparnya. 

Untuk itu, penting mengetahui karakter ban yang ingin dibeli agar tetap nyaman saat berkendara dalam kondisi apapun. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com