Penyebab Ban Mobil Sering Kempis, Apa Saja?

Penyebab Ban Mobil Sering Kempis, Apa Saja?

Ban mobil memiliki tekanan ideal agar dapat berfungsi dengan baik, namun tak sedikit pernah mengalami masalah tiba-tiba tekanan angin pada ban sering berkurang atau kempis.

Sayangnya kondisi tersebut kerap disepelekan alhasil dengan sendirinya ban akan murah rusak, sebab tekanan ban tidak ideal. Tentu tidak sedikit yang bertanya penyebab ban sering kempis, lantas apa saja?

"Bisa saja karena adanya kebocoran pada ban yang memang tidak terlihat dengan kasat mata. Seperti ada luka kecil akibat benda tajam atau istilahnya pin hole," kata Zulpata Zainal, OVT GT Radial, kepada Otodriver baru-baru ini.

Tidak hanya benda kecil, Zulpata mengatakan ada banyak hal yang dapat menyebabkan ban mudah kempis, termasuk pada pentil ban itu sendiri. Pentil ban yang kotor bisa menyebabkan tekanan ban berkurang.

"Bisa juga terjadi kebocoran pada pentil terutama bagian dalam (pentil) yang kotor atau sudah rusak, itu juga bisa menyebabkan tekanan ban berkurang," tambahnya.

Kendaraan yang jarang dipakai juga bisa menyebabkan tekanan ban berkurang. Menurutnya pada dasarnya ban itu merupakan karet bukan benda padat.

"Artinya setiap ban memiliki rongga-rongga seperti sponge namun dimensinya kecil sekali. Ketika kendaraan jarang dipakai otomatis akan terjadi pengurangan angin," paparnya.

Selain itu dikutip dari berbagai sumber penyebab ban mudah kempis bisa terjadi ketika velg bermasalah, atau istilahnya sudah peyang. Kondisi tersebut membuat ban tidak dapat menempel rapat sekaligus atau isolasi udara pada ban.

Jadi, beberapa penyebab ban sering kempis bisa karena masalah di atas. Agar bisa mengetahui masalahnya bisa langsung datang ke bengkel mobil terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com