Tips Agar Turbo Di Mobil Anda Lebih Awet

Mesin bensin maupun diesel pada mobil modern kini banyak yang dilengkapi dengan turbo.
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 15 Juli 2024 13:00 WIB
Berita - Tips Agar Turbo Di Mobil Anda Lebih Awet
Bagikan ke:

OTODRIVER – Mesin bensin maupun diesel pada mobil modern kini banyak yang dilengkapi dengan turbo. Komponen satu ini menjadi pendongkrak tenaga namun dengan kubikasi mesin yang lebih kecil.

Memiliki peranan besar di mesin mobil, apakah turbo memiliki perhatian khusus agar lebih awet? 

David selaku pemilik bengkel mobil spesialis Toyota Dunia Usaha Motor menjelaskan bahwasanya menjaga mesin berturbo dan turbo secara prinsipnya sama saja. Hal pertama adalah selalu menjaga interval penggantian oli mesin.

Foto - Tips Agar Turbo Di Mobil Anda Lebih Awet
Mesin turbo Daihatsu Rocky

"Kunci agar turbo mesin diesel itu tetap awet adalah jaga interval penggantian oli mesin," jelas David ketika dihubungi oleh tim OtoDriver, Sabtu (13/7).

Menurutnya, kualitas oli mesin yang baik juga akan menjaga komponen turbo dengan baik.

"Selain internal mesin, cartridge atau as turbin turbo ini membutuhkan pelumasan dari oli mesin," tambahnya.

Hal kedua adalah filter udara. Karena jika filter udara dalam keadaan kotor tentu akan menghambat kinerja turbo bahkan bisa merusak komponen itu sendiri.

"Ya berarti filter udara harus di cek, kalau memang sudah terlalu kotor ya wajib ganti baru," tutupnya.

Namun demikian, ungkapan lama tentang bertambahnya perangkat berarti bertambah pula potensi masalah sepertinya akan tetap berlaku. Penambahan perangkat turbo artinya membuat mesin menjadi lebih kompleks dan punya potensi masalah tambahan dibandingkan mesin non turbo.

“Mungkin kalau masih baru tidak akan jadi masalah. Tetapi, ketika berumur, ya perangkat turbo itu sendiri yang nantinya mulai ditemukan masalah. Seperti aus dan rembes,” papar Nunun Sutisna selaku pemilik bengkel spesialis Mercedes-Benz Nunun Motor ketika dihubungi beberapa waktu lalu. (AW).

#tips #turbo

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.