Ternyata Gampang Cara Merawat Transmisi D-CVT

Ternyata Gampang Cara Merawat Transmisi D-CVT

Transmisi merupakan salah satu bagian penting dari mobil yang berfungsi untuk meningkatkan torsi ataupun kecepatan. Diketahui ada beberapa tipe transmisi seperti manual, automatic dan CVT, Namun, Daihatsu telah mengembangkan transmisi baru yang disebut “New D-CVT”.

Dalam hal perawatan transmisi D-CVT juga terbilang mudah, cukup 2 hal yang harus di pastikan yaitu: melakukan pengecekan volume dan kualitas olinya secara berkala. Dimana pengecekan dilakukan setiap 20.000KM/12 bulan dan penggantian Oli setiap 80.000KM/48 bulan mana yang tercapai terlebih dahulu. 

"Yang terpenting adalah menjaga kualitas oli agar transmisi D-CVT tetap bagus, pergantian ke planetary gear di kecepatan tinggi, oli transmisi dibutuhkan untuk mencegah keausan gir yang gesekannya cukup tinggi," ujar Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training Center Astra Daihatsu Motor, Selasa (19/7) di PT Astra Daihatsu Motor – Technical Training Center, Jakarta.

lebih lanjut ia menambahkan, volume oli mesin transmisi harus sesuai ketentuan bahkan jangan sampai kurang. Jika volume oli berkurang bisa dipastikan itu terjadi kebocoran sehingga harus ada perbaikan atau penggantian komponen agar oli tidak rembes.

"Kalau kuantitas dan kualitas oli transmisi dijaga dengan baik, D-CVT Daihatsu Sirion bisa tahan lama," kata Ichsan.

Secara umum, transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) memiliki keunggulan lebih halus ketika berpindah gigi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Teknologi Transmisi D-CVT ini terbilang baru di Indonesia dan sudah diaplikasikan pada mobil Daihatsu terbaru pada model Rocky, All New Xenia dan New Sirion.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com