Mobil Lama Tak Digunakan Bisa Rusak Ban? Ini Jawabannya

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Jumat, 27 Januari 2023 11:00 WIB
Tips - Mobil Lama Tak Digunakan Bisa Rusak Ban? Ini Jawabannya
Bagikan ke:
Akan terjadi flat spot dimana tekanan terjadi pada satu sisi ban saja.

Mobil yang tak pernah dipakai dalam rentan waktu yang lama ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada ban, kondisi tersebut dinamakan flat spot.

Flat spot merupakan kondisi dimana terjadi tekanan pada satu ban saja alhasil akan mengalami kerusakan hingga kausan.

"Bisa cepat rusak karena satu sisi ban saja yang menjadi beban," kata Andreas Sendie, Area Sales Manager & Training Specialist Goodyear Indonesia, baru-baru ini.

Foto - Mobil Lama Tak Digunakan Bisa Rusak Ban? Ini Jawabannya

     Baca Juga:   Goodyear Rilis Ban Baru untuk Sedan dan SUV. Ini Keunggulannya

Lebih lanjut ia mengatakan ban yang mengalami flat spot akan menimbulkan beberapa gejala ketika digunakan. Lantas apa saja?

"Pertama itu ban jadi lebih berisik saat digunakan karena sudah tidak merata, berbeda ketika ban normal yang memang menghasilkan suara yang tidak terlalu keras," tambahnya.

Andreas menilai meski terdapat beberapa lapisan atau kontur tempat, seperti ubin atau aspal kondisi di atas bisa tetap terjadi.

Foto - Mobil Lama Tak Digunakan Bisa Rusak Ban? Ini Jawabannya

"Percuma juga kalau memang diletakan bahan atau papan sebagai penyangga nantinya itu akan ada tekanan satu sisi saja," paparnya.

Untuk menghindari kondisi di atas ia menyarankan untuk lebih sering mengendarai mobil meski tak digunakan. Hal tersebut juga dilakukan beberapa produsen kendaraan roda empat.

"Di pabrik mobil yang menyetok itu juga sama harus ada rotasi mobilnya, intinya harus bergerak agar tidak terjadi flat spot," tungkasnya.

Foto - Mobil Lama Tak Digunakan Bisa Rusak Ban? Ini Jawabannya

#ban-mobil #parkir-mobil #masalah-ban #roda-empat

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.