Jangan Diulang, Telat Ganti Oli Kompresor AC Mobil Bisa Rusak Komponen Lainnya

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Senin, 27 Februari 2023 06:00 WIB
Tips - Jangan Diulang, Telat Ganti Oli Kompresor AC Mobil Bisa Rusak Komponen Lainnya
Bagikan ke:
Oli kompresor mobil wajib diganti 10 ribu kilometer dan sudah berubah warna.


Pendingin udara (AC) mobil membutuhkan perawatan rutin dengan tujuan agar tetap memberikan kesejukan di dalam kabin, termasuk mengganti oli kompresor ketika sudah berubah warna.

Hal tersebut diungkapkan oleh Angga Yudistira, Brand Manager, Rotary Auto. Ia mengatakan ketika tidak diganti akan menyebabkan masalah lain pada komponen AC itu sendiri.

"Oli kompresor harus diganti setiap 10 ribu kilometer, kalau tidak diganti itu akan encer dan menyebabkan kerusakan komponen lain," katanya, di Jakarta, baru-baru ini.

     Baca Juga:   Matikan AC saat Menanjak Bisa Bikin Mobil Lebih Bertenaga dan Irit BBM? Ini Faktanya

Alhasil akan membuat pengguna mobil harus merogoh kocek lebih dalam untuk mengatasi masalah pada AC, padahal masalah utama ada pada oli saja.

"Kalau dibiarkan dengan tanda warna sudah hitam itu akan terjadi gesekan di piston dan silinder yang menyebabkan keluarnya gram-gram, nantinya gram tersebut akan merusak part AC lainya," tambahnya.

Seperti diketahui kompresor AC mobil merupakan pusat kendali sistem AC dalam mobil yang berfungsi menghisap gas bertekanan rendah dan mengubahnya menjadi gas tekanan tinggi, selanjutnya dipompa masuk ke dalam kondensor lalu diubah menjadi cairan.

Jadi, pastikan untuk melakukan penggantian oli kompresor agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.
 

#kompresor-ac #ac-mobil #pendingin-ruangan #oli-kompresor #penggantian-oli

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.