Berencana Beli Mobil Bekas? Begini Cara Cek Kondisi AC yang Benar

Berencana Beli Mobil Bekas? Begini Cara Cek Kondisi AC yang Benar

Membeli mobil bekas menjadi pilihan banyak orang untuk setidaknya meminimalisir biaya. Namun demikian ketika membeli mobil bekas ada banyak hal yang harus diperhatikan secara detail agar tak seperti membeli kucing dalam karung.

Pengecekan detail termasuk pendingin ruangan atau AC, sebab komponen ini kerap disepelekan oleh banyak orang yang alhasil akan merogoh kocek dalam ketika adanya kerusakan.

"Pengecekan komponen AC itu tidak bisa berasumsi sembarangan harus benar-benar di cek beberapa komponen, seperti freon dan kompresor," kata Angga Yudistira, Brand Manager, Rotary Auto, kepada OtoDriver.com baru-baru ini di Jakarta.

     Baca Juga:   Jangan Diulang, Telat Ganti Oli Kompresor AC Mobil Bisa Rusak Komponen Lainnya

Lebih lanjut Angga memaparkan bahwa mengecek kedua komponen di atas bisa melihat dari tekanan yang ada, apakah normal atau tidak, dengan tujuan agar tidak terjadi masalah kedepannya.

"Misalkan mobil normal, tekanan freonnya itu kisaran 200-250 PSI "Pounds per Square Inch", sedangkan untuk kompresor 20-30 PSI itu angka normalnya," ujarnya.

Seperti diketahui ketika angka tersebut kurang dari atau lebih dari bisa menjadi indikasi adanya masalah pada komponen tersebut, untuk itu bisa pastikan dengan baik.

Selain tekanan pada dua komponen di atas, ia mengatakan bisa melihat secara detail apakah ada rembesan pada komponen AC Ketika menemukan masalah tersebut tentu bisa jadi pertimbangan.

"Cek juga apa ada rembesan kalau ada berarti ada yang upnormal atau masalah, dan itu sudah menjadi standar yang harus dilakukan," paparnya.

Jadi, pastikan untuk memperhatikan komponen AC mobkas yang ingin Anda beli untuk menemani rutinitas.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com