Tips Perawatan AC Mobil yang Dianjurkan, Begini Caranya!

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Sabtu, 25 Februari 2023 14:00 WIB
Tips - Tips Perawatan AC Mobil yang Dianjurkan, Begini Caranya!
Bagikan ke:
Perawatan AC mobil yang baik dapat membuat pengemudi nyaman selama perjalanan.

Tak melulu soal mesin, perawatan pendingin ruangan (AC) menjadi hal yang harus diperhatikan. Bukan tanpa alasan, sebab akan memberikan kenyamanan pengguna mobil itu sendiri.

Tentu tak sedikit yang bertanya bagaimana perawatan AC yang baik dan benar? Tenang saja kali ini Angga Yudistira, Brand Manager, Rotary Auto, membeberkan tips menarik.

"Pertama itu jangan menggunakan pewangi buatan yang mengandung bahan kimia, pewangi tersebut bisa membuat evaporator cepat kotor dan menimbulkan lendir," katanya, di Rotary Auto, Jakarta baru-baru ini.

     Baca Juga:   Mencoba AC Mobil Hyundai Stargazer, Apakah Dingin?

Seperti diketahui cara kerja evaporator AC akan menyerap hawa panas dan akan dibentuk menjadi udara yang dingin. Artinya ketika ada masalah dapat menyebabkan AC tidak berfungsi dengan baik alias tidak dingin.

Lebih lanjut ia mengatakan ada hal lain yang harus dilakukan dalam hal perawatan AC. Seperti mengecek filter AC secara rutin satu bulan sekali agar berfungsi dengan baik.

"Jangan lupa juga mengecek kondisi evaporator bua bulan sekali, dan oli pada kompresor itu juga harus di cek AC dapat berfungsi dengan baik," paparnya.

Terakhir ia menyarankan bagi yang menggunakan mobil untuk menemani rutinitas agar tidak membuka jendela, hal tersebut dapat membuat AC bermasalah.

"Jangan buka jendela ketika AC menyala nanti akan masuk debu dari luar yang bisa mengendap dan menyebabkan kerusakan," tutupnya.

Jadi, pastikan untuk melakukan perawatan di atas agar AC mobil tetap awet dan tidak sering minta jajan.

#ac-mobil #perawatan-ac #pendingin-ruangan #rotary-auto #bengkel-mobil

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.