Ganti Lampu Mobil ke LED, Apa yang Harus Diperhatikan?

Ganti Lampu Mobil ke LED, Apa yang Harus Diperhatikan?

Semakin berkembangnya jaman pabrikan otomotif memberikan kemudahan untuk para pelanggan, termasuk pengaplikasian lampu (light emitting diode) LED pada mobil keluaran terbaru.

Berbeda dengan mobil keluaran lama yang memang masih menggunakan bohlam biasa. Tentu tak sedikit yang bertanya apakah bisa mengaplikasikan LED ketika masih menggunakan bohlam biasa?

"Bisa banget karena memang untuk sekarang peralihan sudah ke LED, kalau dari lampu high intensity discharge (HID) ke LED itu tinggal menyesuaikan soket lampu dari si kendara," kata Juna,  Editor And Marketing AES, kepada OtoDriver.com, di JIExpo Kemayoran, baru-baru ini.

     

     Baca Juga:      Pilih Lampu LED Aftermarket, Harus Paham Jurusnya

Lebih lanjut ia mengatakan AES tersedia berbagai macam lampu LED dan soketnya, untuk itu bisa menyesuaikan soket agar pengaplikasian bisa dilakukan.

Selain itu kalau dari HID mau ada perubahan ke bohlam LED tidak banyak yang berubah, sebab menurutnya bohlam LED sudah dibuat plug and play. Artinya tinggal mencocokan soket yang cocok.

"Kalau LED itu sudah tidak membutuhkan balast lagi karena sudah tersedia driver sebagai penggantinya. Hanya saja yang harus diperhatikan itu spesifikasinya karena speknya beragam, ada yang untuk 12 v, 24 v dan ada yang arus DC, AC dan DC," tambahnya.

Jadi, pastikan memerhatikan hal di atas jika ingin mengganti lampu bohlam biasa ke LED agar penerangan bekerja maksimal.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com