Pasang Lampu Aftermarket Jangan Sembarangan, Ini Risikonya

Pasang Lampu Aftermarket Jangan Sembarangan, Ini Risikonya

Mencari aksesoris mobil kini kian mudah, banyak aftermarket yang memanfaatkan media sosial hingga marketplace, termasuk menjual lampu modifikasi.

Namun bicara modifikasi lampu mobil erat kaitannya dengan kelistrikan, artinya jangan sampai salah karena dapat membuat masalah baru dan merugikan diri sendiri.

"Kalau memilih beli sendiri  dan memasangnya jalur-jalur kelistrikan itu jangan sampai salah dan pemilihan watt juga harus diperhatikan," kata Juna, Editor And Marketing AES, kepada OtoDriver.com, di JIExpo Kemayoran, baru-baru ini.

Sementara itu, menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna penggunaan aksesori yang bersangkutan dengan instalasi kelistrikan sangat rawan saat diterapkan, apalagi bila proses pemasangan asal-asalan.

“Untuk aksesori kelistrikan, bila pemasangannya tidak sesuai prosedur bisa fatal,” jelas Suparna.

Menurutnya memang terlihat sepele, seperti pemasangan projector HID, foglamp, tapi jika dikerjakan tidak benar justru bisa merugikan.

"Seperti menyambung kabel asal-asalan tanpa ada soket, lalu proses pengambilan daya yang tidak sesuai. Kondisi tersebut bisa buat aki tekor, kerusakan pada sistem elektrikal lainnya dan yang paling fatal itu bisa menyebabkan hubungan arus pendek yang bisa memicu kebakaran," tambahnya.

Untuk itu, Juna menyarankan untuk mempelajari banyak hal terutama aftermarket lampu yang ingin dibeli, spesifikasinya dan produk yang sudah jelas serta dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. 

"Perhatikan spesifikasinya umur pakai juga, dan garansi. Jangan tertarik dari bentuknya saja, terutama soal kelistrikannya," tungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com