Pilih Lampu LED Aftermarket, Harus Paham Jurusnya

Pilih Lampu LED Aftermarket, Harus Paham Jurusnya

Lampu Light Emiting Diode atau LED punya kelebihan yakni lebih terang dan lebih hemat energi. Sehingga cukup jamak digunakan oleh produk otomotif baik itu roda empat ataupun roda dua.

Jenis lampu ini pun mulai digunakan sebagai kelengkapan standar bagi kendaraan masa kini. Namun di lain pihak, tak sedikit produk aftermarket yang menyediakan konversi lampu konvensional menjadi LED. Mereknya dan kualitasnya pun cukup beragam di pasaran.

Jika iklan kecap mengatakan semuanya nomer satu, sepertinya hal ini juga berlaku pada lampu LED aftermarket. “Semuanya penjual mengatakan bahwa produknya yang terbaik dan terkadang diikuti dengan banderol harga yang cukup ramah di kantong,” terang Tommy, Nasional Sales Manager Rayton Indonesia, pemegang merek RTD by Rayton salah satu produsen lampu LED aftermarket.

Karenanya perlu tips untuk mengetahui produk mana yang mumpuni dan juga jempolan untuk digunakan.

  • Pilih produk yang sudah punya reputasi dan brandnya terkenal luas.
  • Punya distributor resmi di Indonesia, sehingga cukup jelas dan punya layanan aftermarket yang cukup baik.

“Kedua syarat itu merupakan modal pertama untuk mulai mencari produk lampu yang berkualitas baik. Reputasi, kepercayaan dan juga layanannya cukup bisa dipercaya.” imbuh Tommy.

Berbincang tentang kualitas, produk berkualitas bagus sudah pasti telah melewati uji kualitas, sehingga dijamin memiliki durabilitas tinggi.

Selain itu bohlam LED  yang baik telah dibekali relay, heat sink, ataupun kipas agar bohlam LED tidak mudah panas. Alhasil umur pakainya bisa lebih tahan lama.

Ciri lainnya sinar yang dihasilkannya terfokus tidak melebar. Selain itu dipastikan pula bohlam LED tahan terhadap goncangan.

Tommy mengatakan bahwa pihaknya sejak awal berfokus pada produk yang lebih spesifik dalam menentukan tipe dan jenis, sesuai dengan customer wants dan costumer need-nya. “Kami memiliki 3 segmen varian lampu LED, yaitu tipe standard, tipe middle atau menengah, dan tipe premium. Semua tipe ini tentunya dengan spesifikasi OEM Quality,” papar pria ramah ini.

Berkat adanya tipe dan segmentasiitu RTD by Rayton berharap konsumen LED otomotif di Indonesia dapat tepat guna dalam memilih lampu LED otomotif, yakni sesuai fungsi dan kebutuhannya.

Selain mengetahui trik pilih brand yang tepat, perlu diketahui pula ada beberapa pilihan spesifikasi lampu yang perlu diperhatikan

  • Tentukan warna bohlam LED. Semisal kegunaannya untuk lampu utama, lampu senja, lampu dim atau buat lampu kabut.
  • Lampu utama, pilih temperatur 4.300K (Kelvin) berwarna putih kekuningan. Atau temperatur 6.000K berkelir putih bening.
  • Lampu dim, temperatur yang disarankan adalah 4.300K sehingga tak bikin silau pengendara lain dari arah berlawanan. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com