Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab Oli Mobil Cepat Berkurang

Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab Oli Mobil Cepat Berkurang

Oli merupakan komponen penting kendaraan yang harus diperhatikan, sebab berguna untuk menahan gesekan antar komponen mesin mobil agar tak cepat rusak. Perlu diketahui dalam penggunaannya olinakan mengalami penguapan sekitar 10 persen dari volume total.

Namun Apakah Anda pernah mengalami oli kendaraan cepat berkurang? Ketika kondisi ini terus dibiarkan tentu dapat menimbulkan masalah pada kendaraan Anda. Memang penyebabnya cukup bervariasi tetapi bisa dilihat dari gejala yang ada dari kendaraan tersebut. 

Lantas apa saja penyebab oli cepat berkurang pada mobil? Yuk simak di bawah ini seperti dikutip dari laman Suzuki, Jumat (24/6/2022). 

SealMesinMengalamiKebocoran

Salah satu faktor penyebab oli cepat berkurang yaitu seal mesin mengalami kebocoran. Biasanya kebocoran nini terjadi di posisi sela bagian sambungan mesin.

Ketika kendaraan sudah lama digunakan seal mesin bisa mengeras, alhasil bisa menyebabkan robek dan membuat oli cepat habis tanpa disadari. Selain itu, tanda yang bisa diketahui yakni adanya bocoran atau trmbedsn oli di sambungan seal tersebut. Jika terjadi, salah satu jalan keluar yang bisa dilakukan yaitu membawanya ke bengkel. 

KerusakanPadaRingPiston

Pernakah Anda melihat asap putih keluar dari knalpot kendaraan saat pertama kali mesin dinyalakan? Asap putih yang keluar terjadi karena tetesan oli yang ikut terbakar saat terjadi proses pembakaran pada mesin mobil. Kondisi tersebut bisa menjadi pertanda bawah adanya kerusakan pada ring piston kendaraan sehingga oli lebih cepat berkurang dari biasanya. 

KerusakanPadaRingSeher

Ring seher atau penahan oli pada ruang pembakaran yang sudah tak layak pakai bisa menjadi penyebab oli cepet berkurang dari biasanya. Sebab, ketika adanya kerusakan membuat oli masuk ke ruang pembakaran. 

Akibat lainnya, akan terjadi keluarnya asap putih dari knalpot pada saat mesin dinyalakan.

Selain itu, kondisi ring seher yang sudah tidak bisa menahan oli tersebut, akan semakin parah apabila mobil melaju dengan lebih kencang. Dalam hal ini oli akan semakin banyak masuk ke ruang pembakaran dan akan cepat habis. 

KualitasOliKurangBagus 

Memilih oli dengan kualitas yang baik menjadi hal yang harus dilakukan. Sebab, ketika oli mesin tidak baik dapat menyebabkan cepat berkurang. 

Ketika Anda menggunakan oli dengan kualitas yang bagus tentu akan membuat mesin mobil tidak cepat panas. Ketika membeli oli dengan kualitas tak baik akan menyebabkan sebaliknya. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com