Tanda Ban Sudah Harus Diganti, Salah Satunya Timbul Retakan

Tanda Ban Sudah Harus Diganti, Salah Satunya Timbul Retakan

Ban merupakan fitur keselamatan penting pada kendaraan. Meski begitu, tak sedikit pengemudi kerap mengabaikan pentingnya ban berkualitas dan terawat.

Perlu diketahui banyak bahaya mengintai ketika ban tak diperhatikan, bahkan bisa membuat kecelakaan dan merugikan banyak orang. 

Terdapat beberapa tanda ban kendaraan sudah tak layak pakai. Lantas apa saja? Berikut beberapa tanda yang wajib diketahui.

Getaran pada ban 

Semua mobil bergetar, terutama di jalan yang kasar. Meski begitu, anda akan merasakan ketika ada sesuatu yang tidak beres pada ban. 

Jika ban kendaraan mengalami getaran yang parah, itu adalah tanda peringatan bahwa anda memiliki masalah yang lebih besar. Bisa jadi masalah keselarasan pada ban atau ada suspensi yang rusak.

Tapak ban rendah 

Sejatinya ban memiliki tonjolan dan lekukan yang tidak rata. Ya hal tersebut untuk memastikan setiap kendaraan memiliki traksi yang dapat membuat pengendara tetap nyaman. 

Tapak ban rendah adalah tanda peringatan yang sangat jelas. Ini bisa menjadi keausan ekstrem di sekitar ban, atau hanya di bagian luar atau tengah ban. Untuk itu sering memeriksa kondisi ban menjadi hal yang penting. 

Retakan pada ban 

Istimewa

Dalam beberapa kasus bagian samping ban kendaraan terlihat retakan atau lubang kecil. Perlu diketahui ban yang retak bisa menjadi tanda bahaya dan wajib memeriksa kondisi tersebut ke bengkel terdekat. 

Kondisi di atas bisa disebabkan beberapa hal seperti kerap menghantam lubang atau trotoar jalan. 

Nah, untuk itu penting mengetahui kondisi ban secara berkala agar tetap aman saat mengemudi kendaraan roda empat. 

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com