Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Tangan saat Mengemudi

Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Tangan saat Mengemudi

Kram menjadi kondisi yang sangat menjengkelkan saat mengendarai mobil, apalagi dengan jarak yang jauh. Kondisi tersebut bisa membahayakan pengemudi itu sendiri dan pengendara lain. 

Menurut Sony Susmana, Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), ada beberapa penyebab tangan mengalami kram, salah satu satunya posisi tangan terhadap kemudi terlalu tinggi. 

"Kram itu bisa terjadi akibat tangan saat menyetir lebih tinggi dari jantung, atau kurang gerak selama perjalanan," katanya, saat dihubungi OtoDriver.com baru-baru ini. 

Artinya, jarak ideal yang direkomendasikan agar tangan tak cepat kram yaitu berada sejajar atau di bawah jantung ketika menyetir mobil. Lantas bagaimana cara mengatasi kram tersebut? 

"Mengatasi tangan kram saat bawa mobil itu dengan mengepalkan jari secara berulang agar aliran darah kembali lancar," paparnya. 

Sony menyarankan ketika kondisi tersebut terjadi segera mencari lokasi aman, ketika berada di jalan tol bisa menepi sejenak ke rest area terdekat. 

"Idealnya itu berhenti sejenak lalu mengepalkan tangan agar kembali normal dan bisa melanjutkan perjalanan," sarannya. 

Jadi, pastikan lakukan hal di atas ketika mengalami kondisi kram tangan saat mengemudi jarak jauh, terutama saat libur Natal dan Tahun Baru.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com