Mobil Berumur Perlu Oli Khusus

Mobil Berumur Perlu Oli Khusus

Kondisi mobil yang prima tak lepas dari persoalan perawatan. Terlebih pada mobil yang sudah mulai berumur, salah satunya adalah perihal mesin.

Umumnya mobil yang sudah mencapai usia lima tahun, rata-rata mencapai jarak tempuh 100 ribu kilometer.

Kondisi mobil tentu tidak bisa disamakan dengan mobil baru, terlebih terkait dengan kebutuhan pelumas di mana oli mesin untuk mobil lama cenderung membutuhkan viskositas yang lebih kental. 

Mengapa demikian? Bukan tanpa alasan. Seiring pemakaian, celah antar komponen mesin umumnya akan berubah menjadi lebih renggang karena terjadi keausan komponen.

"Ini terjadi karena adanya gesekan mekanikal yang terjadi seiring pemakaian kendaraan. Dengan kata lain, celahnya tidak lagi rapat seperti mobil baru," kata Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL). 

Spesifikasi mesin dalam kondisi tersebut tidak bisa disamakan penggunaan olinya dengan sebuah mobil baru. Kecenderungan menggunakan oli yang punya viskositas lebih kental bisa saja dimungkinkan. Tak sedikit kasus, di mana pemilik mobil memaksakan menggunakan jenis oli bawaan mobil yang terjadi justru suara mesin yang lebih kasar. 

Selain itu, penggunaannya pun berpotensi membuat oli tidak dapat melumasi dengan baik dan berisiko mengganggu sirkulasi pelumas. Parahnya lagi, oli dapat menguap yang artinya apabila dibiarkan bakal mengurangi volume oli secara drastis. 

“Oli dengan viskositas yang kental seperti 10W-40 atau 15W-50 diperlukan supaya sirkulasi oli tetap lancar dan oli mesin dapat melumasi ke komponen bagian mesin manapun yg membutuhkan pelumasan,” tambah Brahma.
Maka dari itu, pemilik harus mengetahui pelumas yang tepat untuk usia mobil tersebut. Seperti halnya produk pelumas Fastron Series dari Pertamina Lubricants. Untuk memenuhi kebutuhan tadi, PTPL menghadirkan setidaknya dua line up yaitu Fastron Techno 10W-40 dan Fastron Techno 15W-50.

Fastron Techno 10W-40 menggunakan base oil sintetis dengan standardisasi API SN. Selain itu
ada pilihan yang lebih ekonomis yakni Fastron Techno 15W-50. Seperti Fastron Techno 10W-40, oli tersebut juga memiliki teknologi perlindungan terbaik yaitu Nano Guard. 
“Dengan begitu, penggunaan Fastron Techno 10W-40 dan juga Fastron Techno 15W-50 tetap dapat menjaga kondisi mesin lebih awet dan minim penguapan oli untuk mobil dengan usia di atas 5 tahun,” jelas Brahma lebih lanjut.
Fastron Techno 15W-50 sudah memenuhi kategori API SN.

Untuk harga, Fastron Techno 10W-40 dijual dalam dua kemasan yaitu 1 liter (Rp 90.500) dan 4 liter (Rp 352.500).  Sedangkan Fastron Techno 15W-50 dbanderol Rp 73.000 untuk kemasan 1 liter dan Rp 284.000 pada volume isi 4 liter.

Baik Fastron Techno 10W-40 maupun Fastron Techno 15W-40 cocok digunakan mobil-mobil berjenis SUV, MPV, sedan dan hatchback.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com