Komponen Penting, Velg Mobil Memiliki Usia Pakai?

Komponen Penting, Velg Mobil Memiliki Usia Pakai?

Pelek mobil salah satu komponen yang harus diperhatikan bagi setiap pengendara. Perawatan rutin sangat direkomendasikan agar tetap memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara

Namun apakah pelek mobil memiliki usia pakai? Menurut Chicko, Kepala Cabang F20 Wheels Depok, tidak ada masa velg mobil dan memang diciptakan untuk sampai maksimal masa pakai. 

"Tapi tergantung juga pemakaiannya, kalau sering menghantam lubang itu bisa membuat velg cepat rusak, tekanan ban juga bisa berpengaruh terhadap pelek, kalau tekanan kurang bisa fatal," katanya kepada OtoDriver. 

Lebih lanjut Chicko mengatakan bahan pembuatan velg juga berpengaruh terhadap usia pakai, sebab bahan untuk pelek premium lebih padat dan juga pembuatan berbeda. 

"Untuk pelek premium tentu lebih padat karena cara membuatnya berbeda, ada beberapa lapisan bongkahan yang memang dibentuk dan lebih kokoh," tambahnya. 

Dikutip dari laman Carthrohe, ada beberapa jenis velg mobil yang memang digunakan, seperti Steel wheels atau pelek baja yang biasa digunakan beberapa pabrikan untuk model kendaraan baru. 

Jenis velg ini sendiri memiliki kekuatan yang luar biasa karena bahan yang digunakan, tetapi jelas membuatnya lebih berat daripada bahan alumunium. 

Untuk jenis yang kuat yaitu forged, velg tersebut dibuat dengan material yang kuat. Pembuatannya juga tergolong lebih sulit karena harus menghancurkan logam dengan tingkat panas yang tinggi. Artinya dapat membuat lebih kuatkan dan ringan. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com