Catat! Ini Tanda Shockbreaker Harus Segera Diganti

Catat! Ini Tanda Shockbreaker Harus Segera Diganti

Kenyamanan mobil salah satunya bergantung pada shockbreaker karena memiliki tugas untuk meredam getaran. Alhasil mobil akan terasa nyaman meski melewati jalanan berlubang. 

Namun penting untuk diketahui ada beberapa tanda shockbreaker harus segera diganti, salah satu adanya kebocoran. Lantas apa saja tanda lainya? Yuk simak di bawah ini:

Munculsuara 

Akan ada suara yang muncul dari bagian bawah ketika Anda mengendarai mobil melewati polisi tidur. Tak hanya itu saja, saat jalan menanjak dan muncul bunyi bisa menjadi salah satu tanda. 

"Adanya kemungkinan bunyi, karena shockbreaker itu berkaitan dengan ban, ketika tetap digunakan dapat menyebabkan gelombang dan berdengung," kata Ahmad Arifin, Mekanik f20 wheels Depok, kepada OtoDriver, (20/7). 

Rembesanoli

Pernahkah Anda melihat adanya rembesan oli pada shockbreaker? Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu tanda harus diganti. Kebocoran dikarenakan robeknya karet seal ataupun adanya baret pada bagian as shock.

Boditakrata

Selain itu tanda bahwa shockbreaker harus diganti yakni bodi mobil tidak rata. Kondisi ini bisa dilihat saat mobil berjalan dan tidak stabil. Tanda lainya dengan menekan kap bagasi mobil apakah kendaraan mengayun atau tidak. 

"Kondisi ini bisa membuat tidak nyaman, seperti terasa mengayun dan membuat manufer kurang nyaman," tambahnya. 

Jadi, beberapa tanda di atas bisa menjadi perhatian Anda agar tetap nyaman saat berkendara. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com