Beberapa Penyebab Pendeknya Usia Shockbreaker

hockbreaker merupakan salah satu komponen penting di mobil.
Penulis: Aditya Widiutomo
Kamis, 4 Juli 2024 11:25 WIB
Tips - Beberapa Penyebab Pendeknya Usia Shockbreaker
Bagikan ke:

OTODRIVER - Shockbreaker merupakan salah satu komponen penting di mobil. Selain membuat mobil memiliki peredaman yang baik, piranti satu ini juga berguna untuk menjaga kestabilan mobil.
 

Namun memang piranti satu ini memiliki masa pakai tertentu dan harus dilakukan penggantian. Karena perlu diakui, penggantian komponen satu ini terbilang tidak murah .

Dan ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan pendeknya usia shockbreaker.

Foto - Beberapa Penyebab Pendeknya Usia Shockbreaker
shockbreaker KYB


 

Hidayat dari bengkel kaki-kaki Lili di kawasan Jakarta Selatan menjelaskan bahwa shockbreaker yang alami kerusakan tentu akan membuat mobil tidak nyaman.
 

"Shockbreaker yang sudah rusak sudah pasti kita mengemudikan mobil enggak nyaman, mobil juga kurang stabil," jelas Hidayat ketika dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu yang lalu.
 

Gaya berkendara ternyata juga menjadi salah satu faktor pendeknya usia shockbreaker.
 

"Tanpa disadari gaya mengemudi yang sering berjalan kencang saat jalan rusak dan bawa muatan berlebihan bisa menjadi faktor penyebab shockkbreker jadi gampang rusak," tambahnya. 
 

Selain itu, perhatikan muatan mobil Anda ketika membawa barang bawaan
 

"Muatan berlebihan yang sering kita bawa membuat umur sokbreker makin pendek," ujar Hidayat.
 

Dan ada satu faktor menarik, yakni pastikan bagian undercarriage  mobil Anda selalu dalam kondisi bersih agar bagian yang satu ini awet.
 

"Malas mencuci mobil dan sering membiarkan bagian kolong mobil kotor juga bisa mempercepat sokbreker jadi rusak," tutup Hidayat. (AW).

#tips #shockbreaker

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.