Tips Menjaga Komponen Karet Pada Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Tips Menjaga Komponen Karet Pada Mobil Agar Tidak Mudah Rusak

Mobil kita tak hanya dibuat dengan banyak plat besi dan plastik saja, namun juga ada karet-karet penting yang menunjang pergerakan mobil agar lebih baik dan fleksibel.

Lantas bagian karet di mobil banyak disepelekan orang, sehingga sering terjadi kerusakan pada bagian-bagian yang dibuat dengan karet tersebut.

Dalam hal ini Rifat Sungkar selaku duta merek Mitsubishi Indonesia punya beberapa tips merawat mobil, utamanya komponen-komponen karet yang tidak bisa disepelekan.

Ban

Rifat menjelaskan, ban merupakan komponen penting pada kendaraan. Ban sangat berkaitan dengan unsur keamanan dan kenyamanan berkendara karena menjadi komponen utama yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Untuk urusan perawatan, Rifat menyarankan agar pemilik kendaraan memperhatikan batas waktu pakai ban dengan melihat angka informasi pada dinding ban.

Meski kondisi ban masih terlihat bagus, namun ada baiknya diganti apabila masa pakainya habis dan mengalami gejala tidak nyaman, semisal keras atau selip karena grip sudah tidak bagus.

"Perhatikan juga tekanan angin, jangan lupa spooring roda-rodanya," kata Rifat kepada pewarta, Selasa.

Dalam pemasangan ban, Rifat menekankan jangan sampai salah posisi atau arah putaran karena membuat grip menjadi tidak berfungsi optimal. Selain itu, pemilik kendaraan juga dianjurkan untuk merotasi ban untuk meratakan tingkat keausan dan usia ban.

"Karena gripnya tidak akan baik jika salah taruh. Ban directional sangat dianjurkan untuk ditukar agar keausan sama," kata Rifat. "Ban universal bisa crossing pemasangannya karena bisa dipakai semua arah. Zaman sekarang pabrikan rata-rata ban simetrikal universal karena lebih baik buat konsumen."

Wiper

Komponen lain yang tidak boleh luput dari pemeriksaan berkala adalah wiper, terutama di musim hujan di mana komponen karet ini berfungsi menjaga visibilitas pengemudi.

"Saya hobinya setelah ganti musim, saya ganti wiper, walau jarang dipakai," kata Rifat.

Ia mengatakan, pemilik kendaraan bisa menyesuaikan penggunaan wiper, apakah memilih berbahan karet atau silikon. Menurut dia, karet silikon berfungsi lebih baik saat hujan, sedangkan wiper karet lebih tahan terhadap panas.

Karet Pintu

Jangan sepelekan karet pintu, sebab komponen yang sering luput dari perhatian ini berperan penting dalam mencegah kebocoran air serta menjaga kekedapan ruang kabin.

Rifat menyarankan agar pemilik kendaraan memeriksa perekat karet pintu, terutama pada sisi pengemudi (sebelah kanan) karena menjadi pintu yang paling sering dibuka dan rawan tersangkut.

"Di bagian kanan suka melengkung karena kesangkut sama badan, kita harus cek agar kekedapan kabinnya optimal," kata dia.

Rifat kemudian memberikan tips mudah untuk menjaga komponen karet tetap prima antara lain hindari panas berlebihan, bersihkan jika kotor, lakukan rotasi (pada ban) dan selalu jaga tekanan angin (pada ban).

"Musuh karet adalah panas. Semakin sering panas semakin gampang aus. Kotoran yang nempel, apalagi hujan akan membuat karet gampang getas," tutup dia. 

 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com