TIPS: 4 Langkah Mudah Menjaga Keawetan Pintu Geser

TIPS: 4 Langkah Mudah Menjaga Keawetan Pintu Geser

MPV berpintu geser seperti Toyota Sienta, Nissan Serena, Mitsubishi Delica atau lainnya memang menawarkan kepraktisan aksesabilitas yang baik. Bahkan dengan fitur electric-nya, daun pintu tersebut bisa membuka dan menutup sendiri. Namun bukan berarti pintu jenis ini bebas perawatan. Bahkan bila rusak perbaikannya bisa mahal, terutama yang elektrik.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan jika mobil Anda menganut sliding door. Hari Kohar, Kepala bengkel resmi Mitsubishi Arista Sukses Mandiri menyebut dalam merawat pintu geser yang paling jadi perhatian adalah mekanisme pergerakan pintunya. 

 

Membiarkan pintu terbuka lama bisa jadi mempercepat kerusakan elektrikal, jika demikian maka rawan terjadi kerusakan fitur keselamatan pintu

Berikut adalah 4 langkah merawat pintu geser yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Kegiatan ini juga cocok untuk mengisi waktu saat menunggu adzan Maghrib alias ngabuburit, lho.

1. Perhatikan kondisi rel dan bearing 
Pelumasan sangat diperlukan agar rel dan bearing terhindar dari keausan. Pemberian gemuk mutlak diperlukan, tapi jangan terlalu banyak karena justru dapat membuat debu dan kotoran mudah menempel.

2. Cek kondisi karet pintu
Jika karet pintu sobek, maka kotoran jadi mudah masuk dan mengganggu mekanisme pintu geser. Sebelum hal ini terjadi, pastikan keadaanya selalu bersih. Semir ban bisa digunakan pada karet pintu agar kondisinya tetap kenyal.

 

 

3. Hindari membuka pintu dalam waktu lama
Hal ini bisa membuat karet terbuka lebar dan terekspos ke udara luar yang kotor, sehingga debu rawan hinggap pada mekanisme pintu geser. Jika kotoran dan debu hinggap, tak hanya sulit dibersihkan, beban kerja pintu geser juga bertambah.

4. Jangan semprot air bertekanan ke rel pintu
Hal ini bisa saja merontokkan pelumas atau gemuk yang harusnya selalu menempel pada mekanisme pintu geser. Sebaiknya setelah mencuci mobil, cek kembali, apakah gemuknya masih ada atau tidak. Jika tidak, setelah area mekanisme dikeringkan, beri gemuk lagi. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com