Pingin Tukar  Mobil Lama Dengan Mobil Baru ‘Bebas’ PPnBM? Ini Kiat-Kiatnya.

Pingin Tukar Mobil Lama Dengan Mobil Baru ‘Bebas’ PPnBM? Ini Kiat-Kiatnya.

Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen untuk mobil penumpang 4x2 berkapasitas mesin dibawah 1.500 cc dengan kandungan lokal 70% tentunya menjadi perangsang bagi pasar untuk membeli produk mobil yang terimbas.

Kondisi ini sedikit banyak akan berimbas pada perdagangan mobil bekas, di mana tidak sedikit dari masyarakat akan melepas mobil lamanya dan memanfaatkan momentum ‘free’ PPnBM ini untuk mendapatkan mobil baru. Kondisi ini didorong pula oleh perilaku masyarakat yang punya kecenderungan untuk kembali menghindari transportasi umum dan menggunakan kendaraan pribadi untuk memperkecil penularan penularan Virus Corona.

“Ketika masyarakat beralih ke mobil baru, akan ada peningkatan suplai untuk mobil bekas. Carsome mengantisipasi akan ada lebih banyak orang yang membutuhkan layanan Carsome untuk menjual mobil mereka saat ini. Kami akan terus meningkatkan dan memperkuat layanan kami demi memastikan proses yang lancar dan nyaman bagi pelanggan,” ujar Delly Nugraha, General Manager Carsome Indonesia dalam siaran persnya (03/03).

Menjual mobil bekas terkadang belum tentu semudah yang dibayangkan. Untuk meyakinkan calon pembelinya, tak sedikit calon penjual tidak tahu harus berbuat apa untuk membuat mobilnya diminati, punya daya tarik untuk calon pembeli dan tentunya punya nilai jual yang baik.

Carsome ingin membagi tips bagi pemilik mobil yang ingin menjual mobilnya dengan mudah dan punya nilai yang bagus.

1. Periksa kondisi mesin dan kelengkapan mobil

Kesehatan mesin, kaki-kaki, termasuk interior selalu menjadi sorotan dalam ketika akan membeli mobil bekas. Periksakan kondisi mesin apakah ada tetesan oli, dan bunyi-bunyi yang terdengar cukup kasar. Periksa apakah pada bagian shockbreaker, stir, per, dan roda ada bunyi-bunyi yang tidak wajar. Tidak seperti kondisi interior yang terlihat kasat mata, kondisi mesin dan kaki-kaki yang tidak sehat kadang tidak terlihat jelas dan membutuhkan pemeriksaan oleh montir profesional. Anda bisa mencoba jasa penjualan mobil Carsome yang menyediakan jasa inspeksi 175 titik.  Inspektor akan datang ke rumah dan proses pemeriksaan mobil termasuk test drive akan berlangsung sekitar 45-60 menit.

2.Cuci dan lakukan detailing mobil

Tentu penting sekali untuk mobil terlihat bersih saat ditawarkan kepada pembeli, maka pastikan Anda mencuci dan melakukan detailing mobil secara menyeluruh, termasuk bagian kolong mobil. Hal ini diperlukan agar mobil terlihat lebih cantik dan terawat seperti saat awal beli. Pembeli pun tidak ragu memberi harga tinggi karena mobil tampak menarik. Sertakan juga bukti perawatan rutin sebagai nilai tambah untuk penjualan mobil Anda.

3.Ketahui harga jual sesuai kondisi mobil

Setelah kondisi mobil secara keseluruhan aman dan terawat, langkah selanjutnya adalah mencari tahu harga mobil Anda yang sesuai dengan keadaan mobil. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti pajak, kesehatan mesin, jumlah kilometer, hingga keadaan interior dan eksterior. Gunakan platform yang bisa membantu dalam memeriksa kondisi mobil, tapi juga memberi harga yang transparan dan bisa membuat mobil terjual dengan cepat. Lewat Carsome misalnya, setelah proses inspeksi yang bisa membantu Anda mengetahui kondisi mobil.

4.Persiapkan dokumen-dokumen penting 

Kelengkapan dokumen juga menjadi pertimbangan calon pembeli ketika hendak membeli mobil. Maka dari itu, penting sekali untuk Anda menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan di antaranya ialah BPKB, STNK dan lembar pajak, bukti pembelian, Form A dan salinan KTP pemilik mobil, serta kwitansi kosong untuk mempermudah balik nama kendaraan.

5. Pilih platform yang anti repot dan prosesnya mudah

Menjual mobil bekas bisa menjadi proses yang melelahkan dan memakan waktu, terlebih di masa pandemi yang punya keterbatasan tatap muka langsung. Penting untuk memilih platform online dengan pengalaman jual mobil minim bertatap muka. Pastikan platform online dengan proses yang mudah, cepat, aman, menjamin proses pembelian yang transparan, serta bisa membantu dalam pengurusan dokumen. Lewat Carsome, mobil bisa terjual dalam 24 jam, mendapat inspeksi kendaraan secara gratis, dan juga dibantu dalam mengurus dokumen kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com