Menjaga Kaca Film Agar Tetap Tahan Lama

Menjaga Kaca Film Agar Tetap Tahan Lama

Kaca film biasanya sering diabaikan para pemiliknya, setelah terpasang mereka biasanya sudah tidak memperdulikannya lagi.

Padahal kaca film juga bisa kotor, seperti ketika dipegang oleh tangan yang kotor. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya para konsumen memeriksa dan membersihkan kaca film mobil sendiri.

Sebetulnya, kuncinya di pemasangan kaca film itu sendiri. Jika pemasangan benar, rapi dan sesuai prosedur, risiko kaca film rusak bisa dieliminir. Seperti tidak ada gelembung udara antara kaca film dan kaca mobil atau pinggiran kaca film yang terpasang kuat sehingga tidak mudah mengelupas. Selain itu, pastikan kaca film yang dipasang merupakan produk asli dan terjamin kualitasnya.

Selanjutnya baru cara membersihkannya, menurut Auto2000, saat akan membersihkan kaca mobil yang dilapisi kaca film, jangan dilakukan sembarangan atau disamakan seperti membersihkan kaca mobil biasa. Hindari penggunaan glass cleaner yang umum dipakai untuk membersihkan kaca mobil bagian luar karena kandungan kimianya cukup kuat untuk menggerus permukaan kaca film dan berpotensi merusaknya.

Kalau kotoran hanya sebatas debu atau pembersihan ringan seperti waktu mencuci mobil, cukup gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan kaca film. Lakukan dalam gerakan searah agar tidak menimbulkan baret. Untuk mengangkat kotoran, bisa dipakai kain chamois atau kanebo dan air secukupnya. Setelah terangkat, cukup bersihkan dengan kain mikrofiber. Pastikan kering supaya tidak meninggakan noda air.

Bagaimana jika kotoran belum terangkat dari kaca film? Cara ampuh dan paling aman adalah menggunakan shampoo yang memiliki ph balance atau minim kandungan kimia berbahaya. Proses pengerjaannnya seperti saat mengangkat kotoran menggunakan air dan dilap kanebo. Segera bilas dengan air biasa saat kotoran sudah terangkat dan keringkan menggunakan kain mikrofiber.

Periksa karet yang melingkupi kaca mobil, terutama pada jendela yang bisa dinaik-turunkan dimana ada celah kotoran bisa menempel. Segera bersihkan dengan kain mikrofiber agar tidak merusak kaca film ketika jendela dioperasikan. Hati-hati pula saat membawa benda tajam ke dalam mobil jangan sampai menggores permukaan kaca film.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com