Meninggalkan Mobil Saat Liburan? Baca Dulu 5 Langkah Penting Ini

Meninggalkan Mobil Saat Liburan? Baca Dulu 5 Langkah Penting Ini

Ketika liburan tiba dan pemerintah memberlakukan larangan mudik. Tentu pilihan satu-satunya yang akan kita jalankan adalah berdiam diri di rumah.

Nah, jika sudah demikian maka mobil juga sama seperti kita, hanya terparkir di garasi rumah. Bahkan sebagian dari Anda pun sepertinya malas untuk sekedar memanaskanya.

Tapi jika Anda ingin kondisi mobil tetap prima meski tidak digunakan, Anda perlu membaca beberapa Langkah mudah yang dilansir Auto2000 ini :

1.  Tambah Tekanan Angin Ban

Sebaiknya AutoFamily mengisi tekanan angin seluruh ban mobil sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan sekitar 5 PSI lantaran tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan lebih cepat berkurang.

2. Keluarkan Barang Pribadi dari Dalam Mobil

Keluarkan barang pribadi seperti kartu etol, kacamata, pemantik api, power bank, sepatu, dan barang berharga lainnya untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti kemalingan atau kebakaran.

3. Cuci Mobil Hingga Bersih

Meski ditinggal di dalam rumah, mobil tetap bisa kotor oleh debu atau air hujan sehingga harus dibersihkan. Bagian dalam juga harus dibersihkan mengingat sering dipakai beraktivitas dan mencegah masuknya binatang liar.

4. Hindari Penggunaan Rem Parkir & Isi Penuh Tangki Bensin

Ada kasus dimana kampas rem menempel kuat ke bagian dalam teromol dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama. Oleh sebab itu, lepaskan rem parkir dan gunakan wheel chock khusus pengganjal ban mobil.

Selain itu, bahan bakar di dalam mobil yang ditinggal dalam jangka waktu lama tidak bisa dibiarkan kosong karena akan mengakibatkan oksidasi dan membuat karat timbul di dalam tangki bensin.

5. Perhatikan Lokasi Parkir

Mobil dapat terhindar dari paparan panas sinar matahari dan air hujan yang bisa membuat cat mobil cepat kotor, kusam, dan memudar jika diparkir di dalam garasi atau carport. Manfaatkan car cover atau selimut mobil andai carport tidak ada atap.

Semoga Langkah mudah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah tersebut dapat bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com