Ini Sebab Mengapa Ban Radial Lebih Populer Untuk Mobil Penumpang

Ini Sebab Mengapa Ban Radial Lebih Populer Untuk Mobil Penumpang

Umumnya ban mobil dibagi atas dua jenis, yakni radial dan bias.. Kedua dibedakan karena teknologi yang ada dan struktur rancangannya. 

“Ban Bias disebut juga sebagai ban diagonal. Hal ini dikarenakan jalinan benang yang menjadi kerangkanya disusun dengan kemiringan 45-55% mengarah pada bagian tengah tapak ban atau tread,” jelas Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk. “Ban radial atau disebut juga sebagai radius, punya  susunan kerangka benangnya melintang dari sisi ban kiri dan kanan begitupun sebaliknya. Ban radial memiliki layer tambahan hanya pada permukaan telapak bannya," sambungnya.

Markondez

Perbedaan menonjol keduanya dindingnya. Ban Bias memiliki dinding yang cukup kaku, sedangkan ban radial jauh lebih fleksibel. Hal ini yang menyebabkan ban radial lebih nyaman untuk digunakan, sedangkan ban bias lebih keras.

Dari segi kekuatan, ban bias lebih kokoh, terlebih pada dinding bannya (sidewall) karena jalinan struktur benangnya terjalin merata dari dinding hingga telapak ban dan minimal memiliki dua lapisan benang (ply). Sedangkan tipe radial jalinan struktur hanya di sebelah kiri ke kanan saja. Dengan demikian dindingnya tidak sekokoh ban bias.

Berikut kelebihan dan kekurangan Radial Vs Bias

Ban Radial

(+) Karena susunan kerangkanya melintang, tidak banyak deformasi sehingga lebih minim terhadap fibrasi.

(+) Lebih nyaman dikendarai karena dinding bannya lebih fleksibel

(+) Tidak lekas panas sehingga mampu dibawa untuk kecepatan tinggi

(-) Lebih berisik dibandingkan dengan bias

(-) Side wall tipis tidak sekokoh ban bias

 

Ban Bias

(+) Side wall lebih kuat

(+) Lebih senyap

(-) Lebih cepat panas

(-) Kurang nyaman, terasa keras, karena sidewall kuat

 

 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com