Ganti Ban Beda Merek Boleh Ngga Sih?

Ganti Ban Beda Merek Boleh Ngga Sih?

Tak selamanya perjalanan kita lancar, bahkan terkadang kondisi yang lebih buruk pun terjadi. Seperti halnya saat kita mengadapi kenyataan bahwa ban salah satu mobil kita rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Kondisi tak menyenangkan ini akan memaksa kita untuk merogoh kocek untuk membeli ban pengganti, baik itu baru ataupun bekas.

Apesnya, kadang ban yang sesuai dengan merek yang kita pakai tidak ditemui. Lalu apakah kita bisa menggunakan merek lain yang beda dengan ban lainnya yang terpasang?

“Sebaik-baiknya memang yang satu merek terutama jika yang diganti hanya satu ban saja Tapi jika adanya ban yang beda merek masih diperbolehkan,” tutur Zulpata Zainal  On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk saat dihubungi OtoDriver (26/08).

“Boleh pake ban beda merek, tapi akan menghadapi beberapa konsekuensi. Kendati memiliki ukuran yang sama, namun dipastikan bahwa ban tersebut punya kemampuan yang beda dengan ban lainnya,” jelas pria yang akrab disapa Pak Zul ini.  “Idealnya sih diganti sekaligus dua dan keduanya ditempatkan pada satu posisi yang sama semisal depan atau belakang saja. Supaya berimbang,” imbuhnya.

“Tapi kalo hanya satu ban saja yang diganti, maka harus dipasangkan sebagai ban belakang, karena tidak berpengaruh pada kestabilan kemudi,” tutupnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com