Sebelum Ganti Pelek Perhatikan 3 Hal Ini

Sebelum Ganti Pelek Perhatikan 3 Hal Ini

Pelek merupakan salah satu piranti yang dapat mendongkrak tampilan mobil makin keren dengan mudah, karena tergolong plug and play. Tak heran banyak pemilik yang mengganti pelek mobil standar bawaan pabrik dengan pelek aftermarket. 

Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengganti pelek agar tidak salah pilih. Sebab bukannya makin keren, bisa-bisa mobil malah aneh dan tak memenuhi unsur keselamatan jika salah pilih pelek. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan pelek yang digunakan sesuai dengan mobilnya.

"Simpel saja. Kalau yang mobilnya standar pakai pelek lobang 4 jangan pilih yang lobang 5, ada pertanyaan bisa dipasang engga? Bisa, pakai adaptor bisa selesai. Tapi kan penggunan adaptor tidak menjamin bahwa kekuatannya lebih baik dibanding tidak menggunakan adaptor," ujar Community Manager PT Tri Karya Birawa (TKB) Group Indoensia (perusahaan yang memegang merek HSR Wheel), Aldy Rais, Kamis lalu (23/1).

 

Foto: Brian

 

Lalu ha yang ketiga yang harus diperhatikan sebelum ganti pelek adalah jangan menggunakan pelek dengan ukuran lebih atau kurang dari dua angka. Artinya jika pelek standar pabrikan ukuran ringnya 14 inci maka jika ingin menggantinya dengan yang lebih besar maksimal 16 inci.

"Kalau pelek itu ada istilah plus two dan min two ya, plus 2 sama minimal 2. Jadi pelek standarnya ring 14 ya jadi kalau engga mau repot atau aneh-aneh jangan pakai ring 19, atau 20 gitu. Jadi untuk standarnya maksimal naik sampai 2 ring, misalnya dari ring 14 naik ke 16," tutur Aldy.

Foto: Danu

 

Ketiga atau hal terakhir yang harus diperhatikan adalah, pilih ban yang sesuai. Karena menurut Aldy, penggunaan ban juga dapat mempengaruhi kinerja pelek pada mobil. Jangan menggunakan ban yang profilnya terlalu tipis.

"Karena ban ini punya peran penting untuk menjaga si pelek ini. Semakin tipis bannya, kekuatan peleknya akan semakin berkurang karena bannya tidak bisa menopang getaran atau misalnya nabrak lubang, kalau kita pakai yang tebal atau standar bawaan atau ya minimal lebih tipis sedikit itu masih bisa menahan, tapi kalau tebal bannya 30 atau 35 ya itu pasti kekuatan peleknya akan menurun," pungkasnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com