Oli Kompresor AC Wajib Rutin Diganti. Ini Waktunya.

Oli Kompresor AC Wajib Rutin Diganti. Ini Waktunya.

Saat ini AC merupakan fitur yang tidak lagi bisa ditawar-tawar kehadirannya. Keberadaaanya cukup menunjang kenyamanan berkendara terutama terlebih di negara tropis seperti Indonesia.

Menurut Suminto dari Wito Motor di Pondok Gede, AC harus rutin dirawat. “Ada perawatan Fresh Service atau perawatan tiap 20 ribu km yang meliputi penggantian filter AC, membersihkan Dryer dan evaporator. Biasanya dilakukan dalam 6 hingga 8 bulan tergantung penggunaan mobil,” terang pria yang akrab disapa Minto ini.

Akan tetapi Minto mengingatkan ada perawatan rutin lain yang tak boleh dilupakan, yaitu mengganti oli kompresor AC.

“Kompresor merupakan peranti mekanikal yang memerlukan pelumasan yang baik dan karenanya perlu penggantian oli kompresor secara berkala,” tambah pria berdarah Jawa ini.

“Penggantian oli kompresor dilakukan hingga per/60 ribu km atau dua sampai tiga tahun sekali. Setidaknya jadwal penggantian oli kompresor biasanya bertepatan dengan servis rutin yang ketiga,” tambah Minto. “Namun bisa juga lebih cepat dari itu. Karenanya perlu dilakukan pengecekan kondisi oli setelah lepas dari 30 ribu km,” imbuhnya.

Minto menegaskan bahwa kondisi oli pada kompresor tak jauh beda dengan yang terdapat pada mesin. Oli akan mengalami penurunan kualitas, begitupun dengan daya pelumasannya.

Hanya saja untuk beberapa bengkel yang memiliki perangkat vacuum, sehingga tidak perlu melakukan bongkar kompresor dan buang freon. Namun seperti apapun wujud penggantian olinya, maka dipastikan akan muncul biaya tambahan.

 

Estimasi biaya

Fresh Service      : Rp 250 ribu (termasuk jasa)

Ganti Oli              : Rp 500-750 ribu (termasuk jasa)

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com