Mazda 2 Sedan Hantam Innova, Salah Injak Pedal atau di Bawah Pengaruh Obat?

Mazda 2 Sedan Hantam Innova, Salah Injak Pedal atau di Bawah Pengaruh Obat?

Kecelakaan beruntun terjadi pada Jumat (31/1) pukul 07.00 WIB di Tol Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Detik-detik kejadiannya bahkan sampai kini masih viral lewat video di media sosial dan pesan berantai. Dari keterangan Polisi melalui media lokal, disebutkan kecelakaan ini terjadi karena pelaku salah injak pedal gas.

Dari kaca mata safety driving Menurut Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, ada tiga kemungkinan kenapa hal tersebut dapat terjadi. Penguasaan mobil itu sendiri, kurangnya mental pengemudi dan di bawah pengaruh obat-obatan atau minuman keras

 

"Pengemudinya kurang menguasai kendaraannya, ada peralatan si pengemudi yang nyangkut di pedal gas, sehingga out of control. Atau Pengemudi tersebut panik dengan keadaan yang mungkin menekan mentalnya sehingga kendaraannya di bawah pengaruh emosi pengemudi. Bisa juga karena pengemudinya di bawah pengaruh obat-obatan atau minuman keras," ujarnya kepada OtoDriver.

Sebenarnya kecelakaan tersebut kata Sony dapat dihindari, jika pengemudi berkendara dengan hard skill dan soft skill yang baik. Ia menjelaskan hard skill adalah lebih ke teknik berkendara, sedangkan soft skill menyangkut kesiapan dan mental berkendara.

 

"Mengemudi dengan hard skill, operasional dan paham fungsi-fungsi komponen di kendaraan. Juga dalam mengemudi salah satu yang harus diperhatikan adalah kesiapan mental dan emosi dalam menghadapi kondisi lalulintas. Sehingga pengemudi mampu rileks dalam berkendara, terutama tidak menyebabkan kecelakaan," jelas Sony.

"Mengemudi dengan soft dan hard skill saling melengkapi untuk meminimalkan risiko kecelakaan," pungkasnya.

Sebagai informasi, kecelakaan beruntun itu melibatkan mobil Mazda bernopol B-1654-NBF dan Toyota Innova bernopol B-2367-SIA serta beberapa mobil lain, yang terjadi di Km 7B Tol Jakarta-Tangerang.

 

Dalam video yang beredar di media sosial, dapat terlihat satu unit Mazda 2 sedan warna abu-abu menabrak mobil berwarna merah. Lalu pengemudi mobil berwarna merah menghampiri Mazda 2 sedan yang sudah mengeluarkan asap.

Diduga karena panik, setelah itu mobil Mazda sedan tersebut melaju kencang sehingga menabrak Toyota Innova yang berada di depannya di lajur lambat, hingga Innova hitam itu terseret ke bahu jalan. 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com