Ban Bocor Di Bagian Dinding Bisa Ditambal?

Ban Bocor Di Bagian Dinding Bisa Ditambal?

Kejadian ban bocor tentu jadi kejadian yang tak mau dialami oleh semua orang,  namun bisa saja kondisi ini datang menghampiri siapa saja. Bagian yang bocor pun bisa terjadi di bagian manapun, termasuk pada bagian dinding ban.

“Bagian dinding ban merupakan bagian yang jarang kena paku, ataupun robek karena tusukan benda tajam. Namun sangat krusial jika terjadi bocor di bagian ini karena akan berpengaruh pada kontruksi ban jika dilakukan penambalan ban," terang Ari Hartono dari Artoteko ban di bilangan Jalan Radin Inten Jakarta Timur.

Di beberapa kasus ban yang terkena benda tajam di bagian ini tak terselamatkan, namun sebagian lainnya terjadi sebaliknya.

Ari mengatakan bahwa jika bekas tusukan benda tajam tersebut masih berukuran 1 cm hingga 1.5 cm masih bisa digunakan dan ditambal. Namun jika lebih dari itu ia menyarankan agar ban tersebut tidak lagi digunakan.

“Beda dengan ban dengan bocor ada bagian telapaknya, ban yang bocor pada bagian dinding hanya bisa ditambal dengan cara tambal press, selain itu tidak disarankan,” terang pria berdarah Jawa ini.

Ari mengatakan biaya untuk tambal press berkisar antara Rp 35.000 hingga 60.000 untuk satu lobang.  

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com