Apakah Penggunaan Semir Ban Aman?

Apakah Penggunaan Semir Ban Aman?

Komponen ban tentunya sangat vital. Bisa dikatakan bahwa komponen ini adalah tumpuan kendaraan dengan permukaan jalanan.

Tentunya berbagai hal harus diperhatikan guna menjaga komponen ban. Salah satunya adalah semir ban yang sering digunakan mempercantik tampilan ban setelah mencuci mobil.

Lantas, apakah benar semir ban bisa merusak kandungan karet ban? Badril selaku kepala mekanik bengkel Rajawali Ban justru membeberkan berbagai keuntungan menggunakan semir ban.

“Sebenarnya tidak ada pengaruh. Justru yang namanya semir ban mempercanti tampilan mobil karena ban terlihat lebih hitam dan lebih bersih. Tak hanya itu, semir ban juga dapat mencegah keretakan,” ucap Badril ketika dihubungi oleh tom OtoDriver (22/10).

Keuntungan tersebut diperoleh dari material semir ban yang bersahabat. “Semir ban basisnya terbuat dari semacam silikon atau karet. Maka dari itu materialnya-nya ini bersahabat dengan ban,” tambahnya.

Kendati demikian, Badril menyarankan menggunakan merek semir ban yang tidak sembarang. “Namun yang kita engga tahu adalah apakah setiap merek semir ban komposisi-nya sama atau tidak. Saya sarankan memakai semir ban yang mereknya bisa dipercaya,” tutupnya.

Jadi, apakah semir ban bisa merusak karet? Kami pun belum mendapti adanya pembuktian ilmiah jika cairan pemercantik ini bisa merusak unsur yang dikandung pada sebuah ban. Namun agar lebih aman, sebaiknya selalu gunakan produk semir ban yang sudah jelas mereknya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com