Mendeteksi Rem Tangan yang Mulai Bermasalah

Mendeteksi Rem Tangan yang Mulai Bermasalah

Rem Tangan atau yang akrab dengan sebutan handbrake memiliki peran penting untuk menjaga posisi mobil tidak bergerak ketika parkir atau berhenti lama. Tetapi seiring berjalannya waktu, kinerja rem tangan sendiri pun akan menurun di kemudian hari.

Tentunya kondisi ini sangat berbahaya, apalagi ketika sedang menghadapi antrean di jalan menanjak atau menurun. Namun, ada cara tersendiri untuk mengecek kondisi rem tangan mobil, tentu caranya mudah.

 

Sumarmin selaku Head Mechanic Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, menjelaskan sebenarnya cukup mudah mengenali kondisi peranti ini bahkan tanpa harus dibongkar.

"Cara paling gampang dengan membedakan tarikkan tuas. Biasanya settingan dari pabrikan itu mulai dari lima sampai tujuh klik, nah kalau sudah lebih dari itu atau tarikan makin tinggi bisa langsung dicek untuk memastikan kondisi rem," ujar Sumarmin ketika dihubungi tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Sumarmin turut menyampaikan, selain karena kampas rem yang sudah menipis, biasanya yang membuat tarikan rem tangan berubah yakni adanya kotoran di dalam mekanisme rem tangan tersebut. Secara otomatis, jalur kabel rem tangan pun ikut tersumbat.

"Kalau tersumbat saat mau menurunkan tuas juga sedikit susah. Memang jarang yang perhatikan, tapi baiknya bila sudah mengalami gejala tersebut segera melakukan perawatan. Umumnya akan dicek, kemudian pembersihan, sampai menyetel ulang kembali bila memang kondisi kampas masih normal," tambah Sumarmin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com