Kiat-Kiat Agar Transmisi Otomatik CVT Mobil Anda Awet

Penulis: Aditya Widiutomo
Minggu, 9 Juni 2024 06:00 WIB
Tips - Kiat-Kiat Agar Transmisi Otomatik CVT Mobil Anda Awet
Bagikan ke:
 Transmisi otomatik jenis Continously Variable Transmission alias CVT kini tengah naik daun.

OTODRIVER - Transmisi otomatik jenis Continously Variable Transmission alias CVT kini tengah naik daun. Dipopulerkan oleh Honda Jazz di tahun 2003 awalnya, kini transmisi CVT kian menjamur, bahkan mobil-mobil sejuta umat seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander juga kini mengaplikasi transmisi CVT.

Transmisi CVT sendiri merupakan pengembangan dari transmisi otomatik konvensional. Sederhananya, mekanisme dari transmisi CVT bisa menggeser gigi tanpa batas sehingga rasa berkendara menjadi lebih halus.

Foto - Kiat-Kiat Agar Transmisi Otomatik CVT Mobil Anda Awet
Ilustrasi transmisi CVT

Meski memberikan rasa halus ketika berkendara, rupanya terdapat fakta bahwa transmisi jenis ini tidak sekuat transmisi otomatik konvensional dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda merupakan pengguna mobil dengan transmisi jenis CVT.

Nah, ada sedikit tips dari bengkel resmi terpercaya merek Toyota Auto 2000 tentang cara menghindari kerusakan pada transmisi CVT.

1. Berkendara dengan kasar

Menurut situs Auto2000.co.id, berkendara dengan gaya yang agresif serta kasar menjadi salah satu pemicu kerusakan transmisi CVT karena komponen CVT terdiri dari Belt dan Pulley yang berbeda dengan transmisi otomatik konvensional.

Jadi, berkendaralah secara bijaksana ketika Anda memiliki mobil dengan transmisi otomatik CVT.

2. Tidak memasukkan gigi dengan tepat

Salah memasukkan pilihan transmisi juga bisa mengakibatkan transmisi CVT menjadi rentan. Misalkan, saat ingin melaju di lampu lalu lintas. Pengemudi seharusnya memasukkan gigi D terlebih dulu, kemudian melepas rem tangan. Tindakan ini harus mulai dibiasakan.

3. Salah memilih oli

Perlu diketahui transmisi otomatik jenis CVT memiliki pelumas khusus. Jadi tidak bisa menggunakan oli transmisi otomatik konvensional ke dalam transmisi CVT. (AW).

#tips #cvt

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.