Hyundai dan Motional Produksi Ioniq 5 Robotaxi di Singapura

Hyundai dan Motional Produksi Ioniq 5 Robotaxi di Singapura

OTODRIVER - Hyundai Motor Group dan Motional, sebuah perusahaan patungan kendaraan otonom asal AS menggumumkan bahwa mereka akan mulai memproduksi mobil Robotaxi yang mengambil basis pada Hyundai Ioniq 5.

Bukan di Indonesia atau Korea Selatan, namun mobil dengan teknologi otonom level 4 ini akan mulai diproduksi di Hyundai Motor Group Innovation Centre in Singapore (HMGICS) yang berada di Jurong, Singapura. Fasilitas di negeri tetangga ini merupakan yang termuda dan didirikan pada 2022 silam.

Di tahun 2023 ini mereka pun mendapatkan lampu hijau untuk memproduksi Ioniq 5. HMGICS sendiri merupakan lokasi perakitan Ioniq 5 ketiga di Asia Tenggara setelah Indonesia dan Vietnam.

Ioniq 5 Robotaxi 

Kembali ke Ioniq 5 Robotaxi, seperti dikutip dari techcrunch.com, unit yang akan diproduksi ini merupakan wujud dari layanan komersial Motional di AS pada 2024.

Mobil listrik full otonom ini sudah mengantongi sertifikasi dari Federal_Motor_Vehicle_Safety_Standards (FMVSS) atau Badan  Standar Keamanan Kendaraan Bermotor Federal AS.

Motional telah mengembangkan prototipe Ioniq 5 versi otonom sejak Maret 2021, namun kendaraan produksi akan dibangun dengan semua teknologi otonom, seperti perangkat keras dan perangkat lunak, yang terintegrasi penuh.

Namun demikian, Ioniq 5 Robotaxi ini tetap dilengkapi dengan lingkar kemudi dan pedal seperti halnya Ioniq 5 versi regular. Kehadiran perangkat itu tujuannya untuk dapat diambil alih oleh manusia.  

Motional tidak mau memastikan berapa banyak kendaraan yang telah dikirim ke AS, pasar mana yang akan dikerahkannya, atau berapa kapasitas produksi HMGICS. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com