Xiaomi Nafsu Bersaing di Pasar Mobil Listrik

Xiaomi Nafsu Bersaing di Pasar Mobil Listrik

Setelah Apple, brand yang akrab dengan ponsel Xiaomi juga dikabarkan tertarik terjun ke pasar otomotif. 

Keputusan ini juga membuat Xiaomi akan menyusul Huawei yang telah menggandeng Hicar dan BAIC dalam pengembangan mobil pintar di China.

Seperti dikutip dari Economic Times pada Senin (22/2), Xiaomi berencana membuat mobilnya sendiri. Laporan itu bahkan mengatakan produsen ponsel yang berbasis di Beijing itu telah menyebut bahwa rencana mobil pintar adalah "keputusan strategis".

Ini tidak seperti proyek Redmi Car yang sempat panas tahun lalu, di mana Xiaomi kala itu tidak membuat mobilnya sendiri, melainkan hasil kolaborasi dan rebadge dari model Bestune T77 milik FAW (First Auto Work).

Namun begitu, hingga saat ini Xiaomi belum memberikan pengumuman resmi terkait rencana tersebut, dan belum ada proyeksi rencana maupun dengan siapa Xiaomi akan bekerja sama membuat mobil.

Jika menengok ke belakang, CEO Xiaomi Lei Jun pernah dua kali bertemu bos besar Tesla, Elon Musk. Hal tersebut kemudian menjadi landasan bahwa Xiaomi mungkin saja menaruh minat pada industri otomotif, khususnya mobil pintar, sebagai opsi pengembangan pasar di masa depan apabila bisnis ponsel mengalami stagnasi.

Sejumlah perusahaan teknologi, termasuk Google dan Apple, mulai mengembangkan platform mobil listrik pintar sebagai solusi mobilitas di masa depan.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com