General Motors Kenalkan Paket Konversi EV Untuk Mobil Klasik

General Motors Kenalkan Paket Konversi EV Untuk Mobil Klasik

Mulai paruh kedua 2021, General Motors berencana menjual kit penggerak elektrik untuk para penghobi dengan komponen Chevy Bolt, yang akan memungkinkan mereka mengubah mobil konvensional menjadi mobil listrik.

Ini termasuk motor listrik 147 kW dan baterai 60 kWh, serta inverter AC-DC, konverter DC-DC, rangkaian kabel dan komponen baterai.

Seharusnya kit tersebut dipresentasikan di tuning fair tahunan SEMA (Speciality Equipment Market Association)akhir tahun, tapi terpaksa ditunda dan dipresentasikan secara digital lantaran pandemi yang belum juga berakhir.

Sebagai contoh model, GM menggunakan Chevrolet Blazer K5 lansiran 1977 sebagai 'kanvas'nya. 

Seperti dikutip dari gmautority.com, mesin Small Block V8 orisinal berkapasitas 400 cubic atau 6.600 cc dicopot dari tugasnya dan digantikan oleh motor listrik comotan dari Chevrolet Bolt EV. Motor listrik dengan muntahan daya 200 hp ini kemudian diakur baterai 60 kWh yang menjadi sumber tenaganya. Untuk menggerakkan mobil tersebut, nampaknya Chevy harus mengganti transmisi matik 3 speed menjadi matik 4 speed yang dikawinkan dengan transfercase asli mobil dan juga sistem konstruksi kaki-kaki bawaan mobil. Sehingga ditemui sistem suspensi per daun pada mobil setrum ini. 

Meski disebutkan tidak terlalu sulit untuk melakukan konversi ini, namun untuk alasan keamanan General Motors tidak ingin konsumen memasangnya sendiri. Dilansir dari electrive.com, proses konversi ini harus dilakukan oleh perusahaan spesialis bersertifikasi. Salah satu penyesuaiam bukan hanya sekedar mengganti mesin konversional menjadi motor listrik, namun ada rangkaian lain yang membutuhkan penyesuaian, semisal penggantian sistem rem dengan hidraulik harus diubah menjadi sistem listrik dengan pompa vakum atau aktuator listrik, dan hal yang sama berlaku untuk power steering hidraulik.

Mengenai harga, pihak GM velum melansirnya secara resmi. 

Markondez

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com