Harga Sedan Masih Sangat Terjangkau, Bisa Diboyong Mulai dari Rp100 Jutaan

Harga Sedan Masih Sangat Terjangkau, Bisa Diboyong Mulai dari Rp100 Jutaan

Sedan merupakan model pernah terpojokkan oleh skema pajak yang berlaku di Indonesia. Model Three boxes ini dibebani pajak PPnBM yang lebih tinggi dari MPV yang setara dengannya, menjadikannya menjauh dari pasar. Selain itu terdapat tren baru yang menjangkiti pasar yakni kecenderungan orang untuk membeli MPV ataupun SUV yang dianggap lebih fleksibel dan akomodatif dibanding sebuah sedan.

Dampaknya pun bahkan terasa hingga pasar mobil bekasnya, di mana banderol sebuah sedan seken justru lebih rendah dari versi MPVnya. Sebagai contoh sebuah Honda City yang punya kembaran 'tanpa buntut' yakni Honda Jazz. Harga seken City seolah lunglai dibandingkan dengan Jazz. 

Ibarat dua sisi mata uang, kejatuhan harga sedan ini justru jadi hikmah tersendiri bagi pembeli yang mencari mobil dengan setingan budget untuk mendapatkan mobil dengan akta kelahiran relatif muda.

Dengan budget Rp 100 juta, maka pakan didapatkan mobil yang relatif muda. Sebagai bandingan, harga Honda City 2012 masih di angka Rp 100-150 jutaan. Sedangkan untuk Jazz di angka Rp 120-170 jutaan. 

Dengan pertimbangan budget tersebut, maka kita pun masih bisa mendapatkan harga istmewa untuk mobil-mobil yang senasib dengan City, seperti Toyota Vios, Mazda 2 Sedan dan Suzuki Neo Baleno.

Berikut di bawah ini beberapa jenis sedan yang sempat menjadi primadona, dan penjelasan singkat kekurangan hingga kelebihan yang ada, sehingga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk dipinang. 

ToyotaVios Gen 3

Toyota salah satu pabrikan yang mengisi pasar sedan sub compact yang diperkenalkan pada bulan Mei 2013 di Indonesia. Nah, bicara keunggulan model satu ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman lengkap dengan fitur keselamatan. Tak hanya itu saja, generasi ke-3 ini juga sudah dilengkapi dengan interior yang lebih modern, baik dari sisi interior dan eksterior yang dihadirkan. 

Tak hanya kelebihan, ada beberapa kekurangan yang ada pada Toyota Vios gen 3 ini. Seperti feedback sensor parkir tergolong lebih lambat, selain itu memiliki peredaman yang buruk dan masih menggunakan mesin kuno. 

Soal harga, dari data di berbagai marketplace sedan satu ini bisa Anda pinang kisaran di angka Rp70 -120 jutaan saja. 

HondaCity Gen V

 

Bicara Honda memiliki sedan kompak yang memang sempat menarik perhatian, terutama pada City gen V  yang edar di 2009 hingga 2013. Mobil ini yang menggunakan platform berbasis dari Honda Jazz generasi ke 2. 

Honda City  sendiri memiliki beragam keunggulan baik dari desain eksterior dan interiornya yang lebih modern. Bahkan, mobil satu ini terkenal sangat irit dan cocok digunakan untuk menemani keseharian. 

Namun Honda City  juga memiliki kekurangan, yakni mesin belum tersedia fitur kontrol stabilitas. Selain itu, pada bagian handling juga dinilai masih kurang nyaman saat digunakan dalam kondisi jalan yang padat. 

Tapi bicara harga, dengan platform yang sama dengan Honda Jazz ini tergolong masih terjangkau. Honda City generasi V  bisa didapatkan mulai dari Rp 100-150 jutaan. 

Mazda2Sedan

Menjadi saingan hangat Honda City dan Toyota Vios pada kelasnya, Mazda 2 Sedan hadir dalam dua versi yaitu standar dan sportif. Tentu kehadirannya di Indonesia sempat menjadi perhatian dengan tampilan desain yang lebih impresif. 

Bicara keunggulan yang ditawarkan, Mazda 2 Sedan di topang suspensi yang sama dengan versi hatchback. Serta, dari sisi interior terdapat head unit yang sudah terintegrasi, dan fitur audio dilengkapi ALC (automatic level control) yang melakukan pengaturan volume audio sesuai kecepatan mobil dan dengungan mesin. Fitur ALC ini memiliki 7-tingkatan sensitivitas.

Namun ada beberapa kekurangan yang ada pada Mazda 2 Sedan ini, salah satunya desain kaca belakang yang terlalu kecil dan landai, sehingga visibilitas penumpang tidak leluasa saat berada di mobil ini. 

Kehadiran Mazda 2 Sedan terhitung singkat. Mobil ini mulai melantai pada 2010  dan rampung pada 2011.

Soal harga, Mazda 2 Sedan bisa dipinang mulai dari Rp 70 hingga 110 jutaan. 

Neo Baleno

 Model yang hadir sejak 2008 hingga 2010 ini,  merupakan versi berbuntut dari SX-4 turut meramaikan saingan di kelasnya dengan Honda City hingga Toyota Vios. 

Bicara keunggulan yang di tawarankan, Neo Baleno memiliki handling yang cukup baik dengan suspensi yang sangat baik. Tak hanya itu saja, Neo Baleno juga sudah menggunakan teknologi terbaru yakni Vibration and Noise Reduction Measure yaitu teknologi peredam suara yang dibenamkan di seluruh body mobil sehingga seluruh kebisingan dari luar. 

Namun di balik keunggulannya, terdapat kekurangan dari Neo Baleno ini seperti, minim fitur hiburan, hingga desain yang terlalu biasa membuat harga jual rendah. 

Untuk harga yang ditawarkan sekarang ini, Anda dapat meminangnya dikisaran 70-90 Jutaan.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com