Adu Fitur Dan Performa KIA Sonet vs Nissan Magnite

Adu Fitur Dan Performa KIA Sonet vs Nissan Magnite

Pada penutupan tahun 2020 lalu, Indonesia kedatangan dua model baru, yakni KIA Sonet dan Nissan Magnite. Kedua mobil ini seolah hadir dengan harga yang cukup terjangkau namun fiturnya cukup berlimpah.

Menariknya, meski mengusung merek asal Korea Selatan dan Jepang, namun kedua crossover ini merupakan mobil yang diproduksi di India. Keduanya hadir di Indonesia dan secara langsung bersaing di segmen crossover atau mini SUV.

Lantas, dari segi fitur, manakah yang lebih unggul?

Fitur

 

KIA Sonet terkenal dengan SUV dibawah Rp 300 juta namun hadir dengan fitur yang berlimpah. Sebut saja fitur keamanan  6 airbag, VSC yang mencakup ABS, EBD, Hill Assist Control dan rear camera dengan dynamic guide. Ada juga fitur Drive Mode dan pilihan Traction yang dimilikinya. Sementara fitur kelengkapannya, ada Ventilated Seats, Bose Audio System, Smart Key with remote starter, 8” multimedia touchscreen with wireless Car Play and Android Auto, Mood Lamp connected to music, Wireless Charging with cooling function, Sunroof with tilt and slide, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) hingga Cruise Control.

 

Sementara Nissan Magnite pun tidak ketinggalan. Mulai dari seperti layar instrumen 7 inci TFT Around View Monitor, Tyre Pressure Monitoring System, headunit berukuran 8 inci, dan Engine Start Stop Button. Sementara fitur keamanannya ada ABS, EBD, Hill Start Assist, dan juga dua buah airbag.

Performa mesin

 

KIA Sonet dibekali dengan mesin 1.500 cc dengan tenaga mencapai 115 PS serta torsi 144 Nm. Yang menariknya, transmisi otomatik CVT pada mobil ini dirancang sangat pintar. Berkat hal tersebut, mobil ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 11 detik saja.

 

Sedangkan Nissan Magnite dibekali dengan mesin 1.000 cc turbo dengan tenaga mencapai 100 PS serta torsi 160 Nm. Transmisinya setipe dengan Nissan Magnite, yakni CVT. Berdasarkan hasil pengetesan OtoDriver, mobil ini sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 11,3 detik.

Kesimpulan

Memang jika disandingkan, Nissan Magnite tidak lebih unggu dibandingkan KIA Sonet dari segi fitur dan juga performa. Akan tetapi, jika dilihat dari perspektif harga jual, kedua mobil ini tidak bisa dipertemukan. Nissan Magnite tipe tertinggi dijual dengan harga Rp 238,8 juta dan KIA Sonet tipe termahal dipasarkan dengan harga Rp 289 juta. Artinya, kedua mobil ini memiliki selisih harga lebih dari Rp 50 juta.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com