Komparasi Spek MG HS VS Honda CR-V, Mampukah HS Menantang CR-V?

Komparasi Spek MG HS VS Honda CR-V, Mampukah HS Menantang CR-V?

Saat ini konsumen di Indonesia begitu dimanjakan dengan pilihan mobil SUV yang beredar di pasaran. Selain pilihan yang banyak, semuanya juga menampilkan desain eksterior yang gagah, ground clearance tinggi serta fitur berlimpah.

Yang terbaru, MG Motor Indonesia meluncurkan MG HS yang menawarkan interior berkualitas. Apalagi jika melihat dapur pacu yang dimilikinya, maka Anda sah-sah saja jika membandingkannya dengan pemain lama seperti Honda CR-V. Apalagi selain keduanya tampil dengan mesin berkapasitas sama dan dilengkapi turbo, keduanya juga memiliki dimensi yang bersaing.

Berikut beberapa perbandingan spesifikasinya.

Dimensi

HG HS punya dimensi panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm. Sedangkan All New CR-V memiliki panjang  4.584 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.679 mm dan jarak sumbu roda 2.660 mm.

Soal dimensi keduanya cukup kompetitif, CR-V hanya lebih panjang 10 mm dan lebih tinggi 15 mm ketimbang MG HS. Sementara MG HS unggul lebar 21 mm, dan memiliki wheelbase yang lebih panjang 60 mm.

Mesin    

MG HS hadir dengan mesin turbo 1.500 cc 4 silinder, 16-valve DOHC Turbo. Mesin ini mampu menghasilkan output tenaga 162 ps dan torsi 250 Nm. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7 percepatan.

Hal serupa juga dimiliki Honda CR-V, mengusung 1.500 cc 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW dengan tenaga maksimal 190 ps/5.600 rpm dan torsi puncak sebesar 240 Nm pada putaran 2.000-5.000 rpm.

Soal performanya, dengan pengaturan yang berbeda CR-V lebih bertenaga sebanyak 28 ps, namun soal torsi dari mesin turbo yang ditawarkan, ternyata MG HS unggul sebanyak 10 Nm.

Fitur

Sebagai mobil SUV dengan rentang harga Rp 400 juta hingga Rp 500 jutaan, keduanya tentu dibekali dengan fitur keselamatan dan hiburan paling modern.

Seperti Hill Start Assist (HSA), Electronic Differential System (EDS), Hill Dessent Control (HDC), Curve Brake Control, Forward Collision Warning, Anti Rolling Program, Lane Departure Warning, Lane Change Assist, Lane Keep Assist, Blind Spot Detection, hingga Rear Cross Traffic Alert. 

Namun masing-masing juga punya beberapa fitur pamungkas. Seperti halnya MG HS yang lebih unggul dalam mode berkendara, dimana total mereka memiliki 5 pilihan mode berkendara yang tercatat mulai Eco, Normal, Custom, Sport hingga Super Sport.

Sementara kabin Honda CR-V dilengkapi fitur nano-e yang berfungsi sebagai pembersih udara untuk mematikan virus dan bakteri.

Harga

Kedua mobil sudah dipasarkan resmi di Indonesia. MG HS dijual mulai Rp 369,8 hingga Rp 429,8 juta. Sementara All New Honda CR-V Turbo dibanderol Rp 478,5 juta, kemudian tipe Prestige Turbo di angka Rp 518,5. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com